Ini harus menjadi momentum bagi kita dalam memperbaiki standar pelayanan kesehatan agar masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri,
Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyambut positif kehadiran Rumah Sakit Otak dan Jantung (RSOJ) di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam rangka mewujudkan ketahanan kesehatan.

"Rumah Sakit Pertamina Royal Biringkanaya merupakan langkah besar Pertamedika IHC sebagai holding RS BUMN dalam meningkatkan ketahanan kesehatan nasional dengan memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Indonesia Timur," ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menteri BUMN mengatakan pembangunan rumah sakit yang seluruh standar pelayanan dan fasilitasnya bertype B ini diselesaikan dalam waktu 8 bulan sejak Juli 2021. RSOJ ini menempati lahan seluas 5.705 meter persegi dengan luas bangunan 11.389 meter persegi yang terdiri dari satu bangunan utama dan satu bangunan pendukung.

RSOJ Pertamina Royal Biringkanaya berada di lokasi strategis yang merupakan daerah pengembangan baru kota Makassar dan berjarak hanya sekitar 8 Kilometer dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

"Hal ini semakin memberikan kemudahan bagi berbagai lapisan masyarakat baik dari dalam maupun luar negeri untuk datang berobat," kata Erick Thohir.
Baca juga: Erick Thohir: BUMN dan Mayo Clinic akan bermitra buka RS di Bali

BUMN berkomitmen dalam memperbaiki sektor kesehatan dengan menghadirkan pelayanan kesehatan dengan standar yang terbaik.

Erick menyampaikan sekitar 600 ribu masyarakat Indonesia selama ini berobat ke luar negeri. Angka ini mengalami penurunan drastis lantaran adanya pandemi.

"Ini harus menjadi momentum bagi kita dalam memperbaiki standar pelayanan kesehatan agar masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri," kata Menteri BUMN.

Selain di Makassar, Menteri BUMN berencana mendirikan RSOJ di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung. Meski begitu, ia akan melihat lokasinya terlebih dahulu sebelum merealisasikan pembangunan RS otak dan jantung tersebut.

Baca juga: Pertamedika bangun rumah sakit khusus otak, jantung, kanker di Bandung

Pewarta: Aji Cakti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022