... PKS sudah tabrak norma ketatanegaraan karena merombak kabinet adalah prerogeratif presiden. Ancaman itu sama artinya menghambat kerja presiden yang bekerja untuk rakyat...
Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrat menilai, Partai Keadilan Sejahtera --partai penyusun koalisi-- sering membuat masalah dibanding anggota koalisi yang lain, termasuk ancaman yang disampaikan PKS kepada Presiden Susilo B Yudhoyono terkait perombakan kabinet.

Dari sejarah koalisi, menurut Ketua DPP Partai Demokrat, Pasek Suardika, di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa, yang sering bermasalah itu adalah PKS, dalam banyak hal.

"PKS sudah tabrak norma ketatanegaraan karena merombak kabinet adalah prerogeratif presiden. Ancaman itu sama artinya menghambat kerja presiden yang bekerja untuk rakyat," kata Suardika.

Partai Demokrat menurut dia juga dipastikan tidak merasa terhina dengan ancaman dari PKS itu. Belum lama ini seorang elit PKS mengeluarkan pernyataan politik yang intinya membandingkan pemerintahan dan persona Soeharto dan SBY.

"Hanya terganggu. PKS perlu belajar komunikasi, mana koalisi, mana oposisi. Jangan bajunya koalisi, tapi rasanya oposisi. Apakah ancaman itu personal atau lembaga," katanya.

Menurut Suardika, saat ini SBY dan Unit Kerja bidang Pengawasan dan Pengendalian saat ini sedang membuat penilaian terhadap menteri-menteri dari PKS.

"Presiden SBY sedang membuat Indek Prestasi Kumulatif buat menteri dari PKS," kata anggota Komisi II DPR RI itu.

Ia mengibaratkan seorang siswa yang akan mengikuti ujian. Seorang siswa pintar tak akan kasak-kusuk dan siswa yang tidak pintar, pastinya akan melakukan berbagai cara.

"Kalau orang pintar, saat ujian dia tenang-tenang saja, anteng-anteng saja. Tapi kalau nilainya kacau-kacau, biasanya dia sibuk," ujarnya. (ANT)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011