Jakarta (ANTARA) - Miami Heat bangkit untuk mengalahkan Boston Celtics 106-98 dan meraih tempat pada playoff NBA pada Rabu (Kamis WIB).

Dallas juga mengamankan satu tempat pada playoff setelah Luka Doncic mencetak 35 poin dan 13 assist untuk memimpin Mavericks meraih kemenangan 120-112 atas Cleveland Cavaliers.

Kekalahan Cavs berarti pemimpin klasemen Wilayah Timur antara Heat atau Celtics akan memastikan tempat, dan akhir pertandingan di Boston menegangkan.

Jimmy Butler mencetak 24 poin dan Kyle Lowry menambah 23 saat Miami keluar sebagai pemenang dalam pertandingan yang diwarnai 16 perubahan keunggulan.

Baca juga: Heat kendalikan kuarter keempat, kalahkan Celtics 106-98

Bam Adebayo menyelesaikan pertandingan dengan 17 poin dan 12 rebound bagi Heat, yang mendorong keunggulan satu poin saat jeda pertandingan menjadi sebanyaknya 11 poin, namun tertinggal 79-83 saat memasuki kuarter terakhir.

Jaylen Brown mencetak 28 poin dan 10 rebound, dan Jayson Tatum menambah 23 poin dan enam assist bagi Boston.

Namun Celtics tidak mampu membendung Miami, yang memimpin 102-96 melalui dunk Butler saat waktu tersisa satu menit 43 detik.

Tatum menanggapinya dengan layup namun upayanya berikunya dinyatakan pelanggaran ofensif, dan Heat akhirnya memastikan kemenangan dengan serangkaian lemparan bebas.

Baca juga: Center Celtics Robert Williams III menepi 4-6 pekan pascaoperasi

"Kami benar-benar harus meningkat dan melakukan berbagai upaya," kata pelatih Heat Erik Spoelstra. "Mereka terus menyerang tanpa memandang skemamu apa."

Namun Spoelstra mengatakan akhir yang ketat itu adalah apa yang timnya perlukan untuk menyiapkan diri menjelang playoff.

"Itu lah mengapa saya suka melewati banyak pertandingan-pertandingan seperti ini dalam musim reguler," katanya. "Kami memiliki beberapa pertunjukan besar selama ini.

Tempat pada playoff bagi Mavs dipastikan oleh kemenangan mereka serta kemenangan Toronto Raptors 125-102 atas Minnesota Timberwolves.

Doncic mencetak 20 poin pada kuarter ketiga, ketika Dallas mengalahkan Cleveland 39-22 untuk kembali memimpin setelah tertinggal enam poin saat jeda pertandingan.

Bintang asal Slovenia itu menerima sambutan meriah di Cleveland, yang mempunyai populasi besar orang Slovenia, dan menyelesaikan pertandingan dengan kurang satu rebound dari triple double dengan 30 poin keduanya dalam dua malam.

"Ketika semua orang datang ingin melihatmu, kamu ingin memberi pertunjukan," kata Doncic dikutip AFP.

Dorian Finney-Smith menambah 28 poin yang merupakan tertinggi dalam karirnya, termasuk enam tripointer bagi Mavericks, yang berada dalam playoff untuk tahun ketiga berturut-turut.

Cavs dipimpin oleh 32 poin Caris LeVert. Namun mereka tidak diperkuat calon rookie terbaik tahun ini Evan Mobley, yang akan absen sedikitnya tiga gim karena terkilir pergelangan kakinya.

Cleveland berada di urutan ketujuh di Wilayah Timur, dua gim di belakang Raptors dan Chicago Bulls dalam persaingan untuk meraih tempat langsung pada playoff.


Suns tahan Warriors 107-103

Tim-tim di urutan ketujuh hingga kesepuluh akan bertarung dalam turnamen play-in untuk memperebutkan dua tempat tersisa untuk masing-masing wilayah.

Golden State Warriors kehilangan peluang untuk merebut tiket playoff mereka, kalah 103-107 dari unggulan teratas Wilayah Barat Phoenix.

Devin Booker dan Mikal Bridges masing-masing mencetak 22 poin saat Suns menyamai rekor klub dengan kemenangan ke-62 musim ini.

Namun ini sangat tidak pasti, dengan enam perubahan keunggulan pada kuarter keempat sendiri sebelum Suns melaju.

Baca juga: Kegagalan final tahun lalu jadi motivasi Suns musim ini

"Ini besar," kata Chris Paul, yang menyumbang 15 poin dan delapan assist.

"Pertandingan seperti ini dapat membantumu dalam post-season, ini membuatmu percaya."

Jordan Poole mencetak 38 poin untuk memimpin Warriors saat pemain bintang Stephen Curry absen tujuh pertandingan karena kakinya terkilir.

Memphis Grizzlies mengunci unggulan kedua di Wilayah Barat di belakang Phoenix dengan kemenangan 112-111 atas Spurs di San Antonio.

Tyus Jones mencetak 25 poin bagi Grizzlies, yang memenangi gelar Divisi Barat Daya untuk pertama kali dalam sejarah franchise kendati faktanya bahwa bintang Ja Morant melewatkan pertandingan keenamnya dengan cedera lutut kanan.

Kekalahan tersebut membuat Spurs turun setengah gim di belakang Los Angeles Lakers untuk posisi ke-10 di Barat dan tempat terakhir dalam turnamen play-in.

Berikut ini hasil pertandingan NBA lainnya yang berlangsung Rabu waktu setempat (Kamis WIB), tuan rumah ditulis dalam huruf besar seperti disiarkan Reuters:

WASHINGTON WIZARDS 127 Orlando Magic 110
Denver Nuggets 125 INDIANA PACERS 118
Charlotte Hornets 125 NEW YORK KNICKS 114
TORONTO RAPTORS 125 Minnesota TImberwolves 102
Sacramento Kings 121 HOUSTON ROCKETS 118
Atlanta Hawks 136 OKLAHOMA CITY THUNDER 118
Memphis Grizzlies 112 SAN ANTONIO SPURS 111
New Orleans Pelicans 117 PORTLAND TRAIL BLAZERS 107

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022