Jakarta (ANTARA) - Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian ESDM bersama Badan Pembina Rohani Islam (Babinrohis) Kementerian ESDM melaksanakan acara tarhib Ramadhan 1443 Hijriah dengan tema "Agar Ramadhan Lebih Bermakna dan Produktif".

"Terima kasih saya sampaikan kepada Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kementerian ESDM serta Babinrohis Kementerian ESDM yang telah menginisiasi acara ini. Semoga acara hari ini berjalan dengan baik dan memberikan output yang positif," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Ego berharap kegiatan rohani ini menjadi program Kementerian ESDM untuk menginternalisasi nilai inti (core value) ASN yang BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

Sesuai dengan tema acara yaitu menjadikan Ramadhan lebih bermakna dan produktif, ia mengharapkan pegawai Kementerian ESDM yang menjalani puasa tetap dapat melaksanakan tugas kantor seperti biasa.

"Bahkan, di bulan Ramadhan yang dijanjikan pahala berlipat ini menjadi motivasi untuk lebih produktif meningkatkan amal ibadah termasuk bekerja," tambah Ego.

Baca juga: Humas Kementerian ESDM raih Gold Winner pada PR Indonesia Awards 2022

Ego menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan acara ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Pimpinan Kementerian ESDM menyampaikan terima kasih kepada segenap jajaran pejabat struktural, Dharma Wanita Persatuan, Babinrohis dan para pegawai yang telah turut menjaga dan menaati protokol kesehatan. Mari lah kita sama-sama berdoa dan berharap kepada Allah SWT semoga situasi pandemi COVID-19 berangsur-angsur menurun dan insya Allah bisa selesai," ujarnya.

Sementara itu Ketua DWP Kementerian ESDM Ivanna Ego Syahrial mengungkapkan, kegiatan keislaman seperti yang diselenggarakan saat ini seringkali dilakukan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, termasuk dengan Babinrohis Kementerian ESDM.

"Kajian keislaman seperti ini sudah dilakukan beberapa kali dan diharapkan akan dapat dilaksanakan DWP Kementerian ESDM secara rutin ke depannya," katanya.

Kegiatan Tarhib Ramadhan 1443 H/2021 yang mengundang penceramah ustad Aam Amirudin ini, menurut Ivanna, dapat menjadi bekal DWP Persatuan dan pegawai Kementerian ESDM memasuki Ramadhan.

"Tarhib Ramadhan 1443 H kali ini mengusung tema agar Ramadhan lebih bermakna dan produktif sebagai bentuk pembekalan rohani untuk seluruh keluarga besar Dharma Wanita Persatuan dan juga pegawai Kementerian ESDM dalam rangka menyambut Ramadhan agar dapat mempersiapkan fitriyah, ruhiyah, dan jasadiyah agar puasa tetap produktif dan membuat Ramadhan kali ini lebih bermakna sehingga ibadah kita tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," tutur Ivanna.

Baca juga: Dharma Wanita ESDM: Ketahanan perempuan dukung pemulihan ekonomi

 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022