Ini adalah ajang yang kita bisa buktikan bahwa dengan kolaborasi, kita bisa melahirkan ide-ide kreatif yang mana ke depannya merupakan fundamental untuk pertumbuhan ekonomi...
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan ajang Indonesia Digital Tribe (IDT) melahirkan ide-ide kreatif yang ke depannya dapat menjadi fundamental bagi pertumbuhan ekonomi.

"Ini adalah ajang yang kita bisa buktikan bahwa dengan kolaborasi, kita bisa melahirkan ide-ide kreatif yang mana ke depannya merupakan fundamental untuk pertumbuhan ekonomi. Tentu estafet tersebut harus diberikan kepada generasi muda," kata Erick Thohir dalam acara daring Indonesia Digital Tribe Final Day di Jakarta, Kamis.

Menteri BUMN mengapresiasi IDT sebagai ajang yang luar biasa. Selain itu, IDT juga, menurut dia, bukan mengenai menang atau kalah melainkan yang penting adalah menang atau belajar (win or learning) karena semua pihak harus terus belajar.

"Growth mindset bagi generasi muda Indonesia sangat penting, artinya jangan berpuas diri, harus terus belajar. Jangan juga rentan dikritik, kenapa? Kalau kita sudah merasa diri kita sudah pintar maka itulah titik kejatuhan kita," kata Erick.

Selain itu, yang terpenting juga, lanjutnya, generasi muda jangan menghindar dari tantangan, justru masalah harus dihadapi agar bisa menjadi lebih baik lagi untuk ke depannya.

Erick Thohir berharap ajang IDT terus berlanjut. Dia juga menilai bahwa para finalis yang sampai pada tahap IDT Final Day merupakan juara.

Dalam kesempatan tersebut l Menteri BUMN meminta Deputi Bidang Sumber Daya Manusia BUMN, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata agar semua peserta yang masuk 20 tim finalis IDT Final Day diberikan kesempatan magang di perusahaan-perusahaan BUMN.

"Karena itu saya akan minta tim saya di mana ada Deputi Bidang Sumber Daya Manusia BUMN, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata, untuk semua peserta yang masuk 20 tim finalis diberikan kesempatan magang," kata Erick Thohir.

Indonesia Digital Tribe Final Day merupakan puncak dari acara Indonesia Digital Tribe. Potensi para talenta digital tidak hanya berakhir dengan ide yang mereka buat di Indonesia Digital Tribe saja, namun akan disalurkan melalui proses Talent and Innovation, juga Start Up Team.

Dari 500 team terbaik, menghasilkan 200 team dengan 200 prototipe terbaik. Kemudian dari 200 team tersaring 20 team dengan 20 prototipe yang luar biasa.

Dalam Indonesia Digital Tribe Final Day, 20 team terbaik akan membuktikan produk inovasinya di ajang Pitching Forum yang dihadiri oleh juri dari perwakilan BUMN serta Indonesia Telecomunication Digital Research Institute (ITDRI).

Baca juga: Erick Thohir paparkan tantangan wujudkan kekuatan ekonomi 2045

Baca juga: Erick Thohir: BUMN buka peluang kolaborasi majukan ekonomi digital

Baca juga: Erick Thohir: Ekonomi digital kunci jadi kekuatan dunia pada 2045


 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022