Bekasi (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, memulai pengerjaan rehabilitasi Stadion Patriot di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, yang dianggarkan Rp400 miliar.

"Rehabilitasi tahap pertama ini kami alokasikan dana Rp28 miliar untuk tiang pancang tribun barat dan timur," kata Kepala Dinas Bangunan dan Kebakaran Kota Bekasi, Syafri, usai pemancangan tiang pertama, Rabu.

Stadion itu akan berkapasitas total 30.000 tempat duduk dan lintasan atletik, katanya.

Menurut dia, dana pembangunan tahap pertama itu diperoleh masing-masing dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat Rp25 miliar dan Pemerintah Kota Bekasi Rp3 miliar.

"Dana dari Pemprov Jabar akan kami gunakan untuk pembangunan fisik berupa fondasi tribun sebanyak 1.395 titik, sedangkan dari Pemkot Bekasi dialokasikan untuk biaya konsultan bangunan," katanya.

Syafri memperkirakan tahap pertama rehabilitasi stadion tersebut akan rampung dalam 75 hari kerja dan dilanjutkan dengan tahap kedua berupa pembangunan lahan parkir dan penataan fisik stadion.

"Pada tahap kedua, kami akan ajukan dana sebesar Rp75 miliar. Kami sudah ada kesepakatan dengan dewan terkait alokasi itu," katanya.

Rehabilitasi stadion oleh pihak ketiga PT Prambanan selaku pelaksana kegiatan diperkirakan akan berlangsung hingga 2013 mendatang dengan menelan anggaran total Rp400 miliar.

Stadion yang didirikan pada awal 1980 itu akan memiliki standar internasional kegiatan olah raga.

(KR-AFR/F002)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011