Partisipasi kami di Indonesia Pavilion Expo 2020 Dubai ini kami harapkan dapat memperluas exposure produk-produk tersebut dan memberikan manfaat bagi berbagai pihak
Dubai, UEA (ANTARA) - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memaparkan pengembangan ekosistem digital yang dilakukan perseroan di berbagai industri di Pavilion Indonesia dalam gelaran Expo 2020 Dubai, Kamis.

Direktur Digital Bussiness Telkom Muhamad Fajrin Rasyid mengatakan, saat ini digitalisasi merupakan suatu hal yang tidak bisa terhindarkan.

Menurutnya, sudah saatnya digitalisasi menyentuh semua sektor kehidupan dan seluruh daerah di Indonesia dalam rangka mewujudkan inklusivitas digital dan mempercepat akselerasi digital.

"Telkom secara konsisten terus memperkenalkan produk-produk yang dapat mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia. Partisipasi kami di Indonesia Pavilion Expo 2020 Dubai ini kami harapkan dapat memperluas exposure produk-produk tersebut dan memberikan manfaat bagi berbagai pihak," ujar Fajrin.

TelkomGroup mengambil kesempatan untuk roadshow dan bertemu dengan para investor dan calon investor baik dari kalangan pemerintah, Sovereign Wealth Funds (SWF), swasta maupun pengusaha, termasuk perusahaan-perusahaan rintisan digital (startups) yang ada di Dubai maupun Abu Dhabi.

TelkomGroup bertemu dan berdiskusi dengan Kementerian Artificial Intelligence UAE, Abu Dhabi Investment Authority (ADIA), Abu Dhabi Growth Fund, Infive (In5) dan Hub71.

Pada kegiatan business meeting yang diselenggarakan di Hotel Sheraton Mall of Emirates, dilakukan pemaparan profil dan berbagai produk yang saat ini dimiliki TelkomGroup. Sesi presentasi diikuti sesi diskusi lebih jauh secara one-on-one dengan company yang hadir di forum tersebut. Kegiatan Telkom di Dubai Expo ditutup dengan courtesy dinner di Kantor Konsulat Jenderal RI Dubai.

"Telkom berharap event Expo 2020 Dubai menjadi milestone penting untuk membuka peluang kerja sama dan investasi untuk Indonesia yang lebih baik," kata Fajrin.

Dengan mengusung tagline "Welcoming You to South East Asia with Digital Sovereignty", Telkom menampilkan berbagai inovasi digital Telkom maupun anak perusahaan yang terbaru, serta kegiatan Telkom dalam memainkan peran transformasi digital di Asia Tenggara.

Telkom memperkenalkan Logee dengan mengusung tema "From Siloed Logistics to Ecosystem Platform Simplify Digital-Connecting Ecosystem".

Logee bertujuan untuk menjadi platform digital logistik nasional guna mendukung terwujudnya ekosistem digital dan konektivitas yang lebih sederhana, serta mengambil bagian dalam membangun logistik yang lebih baik untuk Indonesia di era baru perdagangan.

Industri logistik di Indonesia dinilai sangat menjanjikan untuk tumbuh lebih pesat. Beberapa faktor di antaranya adalah meningkatnya kelas menengah yang kemudian dapat meningkatkan pendapatan yang dibelanjakan, penetrasi internet di Indonesia lebih dari 65 persen, CAGR GMV eCommerce tumbuh lebih dari 80 persen, dan CAGR layanan logistik terus mencapai pertumbuhan dua digit.

Logee merupakan layanan ekosistem logistik digital milik Telkom yang dinilai tepat untuk membuka peluang besar tersebut. Logee menghadirkan solusi digital yang end-to-end, terhubung ke jaringan ekosistem logistik lebih luas, automated digital systems, hingga proses pembiayaan yang fleksibel, aman, dan andal bersama Bank Himbara.

Selanjutnya, Telkom juga memperkenalkan produk Agree dengan mengusung tema “The Digital Era of Agriculture & Fisheries: Connecting the Unconnected", di mana Agree bertujuan untuk memenuhi prospek memaksimalkan potensi pertanian di Indonesia dan menjawab kebutuhan setiap pemangku kepentingan.

Baca juga: Program TJSL Telkom raih penghargaan terbaik dari Kementerian BUMN
Baca juga: Capai target kunjungan, Paviliun Indonesia tingkatkan nation branding
Baca juga: Jelang penutupan, Paviliun Indonesia hampir capai 2,5 juta pengunjung

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022