Sarajevo (ANTARA News) - Cucu laki-laki pemimpin Kurea Utara Kim Jong-Il  tiba di Bosnia, Rabu, untuk belajar di sebuah sekolah internasional selama dua tahun.

"Seorang warga Korea Utara, Kim Han-Sol, tiba pada pukul 14.20 waktu setempat (pukul 19.30 WIB) di bandara Sarajevo dengan penerbangan reguler dari Wina," kata juru bicara polisi perbatasan setempat Sanela Dujkovic pada kantor berita AFP.

Dujkovic mengatakan "penumpang itu memiliki visa dan paspor yang sah", jadi telah memenuhi semua persyaratan untuk masuk ke negara itu.

United World Colleges (UWC) di kota Mostar di Bosnia mengatakan, bulan lalu, bahwa mereka telah menerima Kim Han-Sol sebagai seorang siswa.

Menurut sekolah itu, pendaftaran cucu laki-laki pemimpin salah satu negara yang sangat terkucil di dunia tersebut merupakan hasil dari program uluran khusus pada Korea Utara yang jaringan UWC punya.

Media melaporkan bahwa ayah anak berusia 16 tahun itu adalah Kim Jong-Nam, anak laki-laki tertua pemimpin Korea Utara. Keduanya  tinggal di Macau sejak  Kim Jong-Nam berselisih pendapat dengan Kim Jong-Il beberapa tahun lalu.

Adik King Jong-Nam yaitu Kim Jong-Un, saat ini dipersiapkan  untuk mengambilalih  pucuk tertinggi penguasa  negara itu

UWC adalah jaringan sekolah dan perguruan tinggi di seluruh dunia, dihadiri khususnya oleh murid-murid dari wilayah-wilayah yang terkait perang, dan dimaksudkan untuk meningkatkan pengertian internasional dan antar-budaya.
(S008)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011