Jakarta (ANTARA) - Sejumlah masjid di Tanjung Priok, Jakarta Utara, melakukan persiapan menyambut Ramadhan 1443 Hijriah, Jumat, antara lain dengan kegiatan "bersih-bersih masjid".

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Utara membantu membersihkan sebanyak 38 masjid. Salah satunya masjid mirip "Taj Mahal" di Sunter, Tanjung Priok, yakni Masjid Ramlie Musofa.

"Kegiatan 'Jumat Bersih'. Untuk Jumat ini yang dibersihkan Masjid Ramlie Musofa, dilakukan untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H yang sebentar lagi datang," kata Camat Tanjung Priok Syamsul Huda di Jakarta Utara.

Kepala Seksi Perlindungan Masyarakat Satpol PP Jakarta Utara, Lusi Andayani mengatakan, kegiatan "bersih-bersih masjid" itu juga dilaksanakan serentak di kecamatan lainnya karena merupakan rangkaian kegiatan menjelang perayaan Hari Ulang Tahun ke-72 Satpol PP Jakarta Utara.

"Masing-masing kelurahan satu masjid dan kecamatan satu masjid. Selain bersamaan juga dengan perayaan HUT Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-70, kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H," kata Lusi.

Baca juga: JIC kirim tim pantau hilal ke Kepulauan Seribu
Baca juga: Shalat Tarawih di masjid se-Jakut harus terapkan prokes ketat


Menurut Lusi, personel Satpol PP jangan hanya diidentikkan dengan kegiatan yang terkait dengan penertiban saja. Satpol PP juga menjalankan aktivitas-aktivitas yang mendekatkan Satpol PP dengan masyarakat.

"Seperti 'Bersih Bersih Gereja' (BBG) sebelum perayaan Natal kemarin dan saat ini dengan 'bersih-bersih masjid'," katanya.

Lusi berharap dalam menjalankan Bulan Suci Ramadhan nanti, masyarakat Jakarta Utara tetap dapat menjaga ketertiban.

"Khususnya tetap menjalankan protokol kesehatan. Seperti kita ketahui bahwa pandemi COVID-19 masih ada di tengah-tengah kita," katanya. 

Dia mengajak masyarakat bersama-sama berkolaborasi saling menjaga diri, keluarga dan lingkungan tempat tinggal di Jakarta Utara (Jakut).

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022