Mari kita tetap pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak,
Jakarta (ANTARA) - Sebagian umat Islam melakukan Shalat Tarawih berjamaah di Masjid At-Taqwa Muhammadiyah DKI Jakarta pada Jumat (1/4) malam mengacu pada ketetapan Pengurus Pusat Muhammadiyah bahwa 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu (2/4).

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid At-Taqwa Qhomarudin mengimbau seluruh jamaah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

“Mari kita tetap pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak,” kata Qhomarudin saat ditemui ANTARA di Jakarta, Jumat.

Sekitar 70-an orang datang menunaikan shalat di masjid tersebut meskipun hujan turun.

Qhomarudin juga mengajak umat muslim dan masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga pola hidup sehat dan memperkuat imun di saat menjalani puasa.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu, 2 April 2022 berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah.

"1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada hari Sabtu 2 April 2022 Masehi," demikian bunyi maklumat penetapan hasil hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijah 1443 Hijriah yang ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Muhammadiyah Agung Danarto yang diterima di Jakarta, Sabtu (12/2).

Sementara itu Pemerintah melalui Kementerian Agama awal puasa atau 1 Ramadhan 1443 Hijriah/2022 Masehi jatuh pada Minggu (3/4), usai diputuskan melalui sidang isbat pada Jumat.

melaporkan berdasarkan hasil pemantauan hilal dari 101 titik di 34 provinsi tidak melihat hilal sesuai prasyarat yang ditetapkan MABIMS, yakni ketinggian hilal 3 derajat dengan elongasi 6,4 derajat.

Ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia pada posisi 1 derajat 6,78 menit sampai 2 derajat 10,02 menit. Ini adalah posisi hilal yang berdasarkan hisab. 

Baca juga: Masjid Muhammadiyah di Rawamangun Jakarta Timur mulai Shalat Tarawih
Baca juga: Sebagian warga Aceh mulai Shalat Tarawih Ramadhan 1443 Hijriah


 

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022