... tempat itu adalah Pura Mangening, Pura Pegulingan, Pura Tirta Empul, Pura Gunung Kawi, serta Subak Pulagan...
Gianyar (ANTARA News) - Tim UNESCO yang berasal dari ICOMOS (International Council on Monuments and Sites) melakukan evaluasi akhir terkait penetapan DAS Pakerisan sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia pada Jumat.

Tim ICOMOS yang diketuai Augusto Villanon beserta Rina Apriyani dari ICOMOS Perwakilan Indonesia melaksanakan pengecekan lapangan di sejumlah tempat di Gianyar.

Tempat-tempat itu adalah Pura Mangening, Pura Pegulingan, Pura Tirta Empul, Pura Gunung Kawi, serta Subak Pulagan.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar, Cokorda Rai Widiarsa, mengatakan peninjauan lapangan yang dilaksanakan Tim ICOMOS sebagai pembuktian langsung kondisi DAS Pakerisan sesuai data yang diajukan ke UNESCO.

Tim akan melihat langsung keadaan bentang alam, fungsi, serta keasrian DAS Pakerisan sesuai konsep Tri Hita Karana yakni hubungan antara manusia dengan manusia, manusia dengan lingkungan dan manusia dengan TUhan serta pengaruhnya bagi masyarakat sekitar.

Hasil evaluasi ICOMOS nantinya akan diserahkan pada saat Sidang UNESCO yang rencananya digelar pada bulan Mei 2012 di Paris, Perancis.

"Hasil sidang penetapan Warisan Budaya Dunia atau World Heritage akan diumumkan UNESCO satu bulan kemudian pada bulan Juni 2012," kata Cok Rai Widiarsa.

Selain DAS Pakerisan, Tim ICOMOS juga mengunjungi Danau Batur Bangli, Subak Jati Luih Tabanan dan Taman Ayun Badung sebagai kandidat Warisan Budaya Dunia. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011