Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah unggahan yang menyebut minyak goreng limbah beredar di media sosial Facebook sejak 21 Maret 2022.

Narasi yang menyebut cara memastikan minyak goreng limbah atau bukan itu diunggah akun Kompepar Kabupaten Sukabumi.

Unggahan itu mengklaim minyak goreng yang mengeluarkan busa putih jika ditaruh di kulkas selama dua jam merupakan minyak goreng limbah.

Akun Facebook itu juga menyebut cara mengetahui minyak goreng limbah dengan menggunakan bawang putih. Cara itu dinyatakan berasal dari seorang dokter asal Padang, hanya saja tidak disebutkan namanya.

Berikut potongan narasi di Facebook itu:
"Assalamualaikum bu ibu saya mau infokan tentang minyak goreng yg sekarang lagi beredar dengan merk2 baru hati hati dan waspada ya ..bu ibu sholeha lebih baik mencegah dari pada mengobati"

“Ambil minyak goreng dirumah dan masukan ke dalam kulkas selama 2 jam, jika ada busa putih, itu artinya Minyak Goreng Limbah”.
Silakan ungkapkan cinta Anda dan meneruskan informasi ini ke teman dan kerabat.”


Lantas, apakah benar narasi di Facebook itu merupakan cara membedakan minyak goreng asli dengan minyak goreng limbah?
 
Unggahan misinformasi yang menyebut cara membedakan minyak goreng asli dengan minyak goreng bekas/limbah. (Facebook)


Penjelasan:
Melansir situs Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) dalam konten yang diunggah pada 2021, cara mengetahui kualitas minyak goreng yaitu dengan menuangkan minyak goreng ke atas panci penggorengan lalu dipanaskan selama satu hingga 1,5 menit.

Kemudian, ambil kertas minyak dan posisikan di atas panci dengan jarak sekira 18-20 cm.

Amatilah kertas minyak itu selama tiga menit. Apabila jumlah bercak atau titik-titik pada kertas lebih dari 10 titik per 10 cm2, bisa dipastikan minyak tersebut jelek karena banyak "polar compounds" yang menguap.
 
Uji coba itu telah dilakukan Direktur Eksekutif GIMNI Sahat Sinaga ketika menjabat sebagai Manajer Produksi Makanan di sebuah industri margarine/shortening/speciality fast dan minyak goreng.

Selain langkah itu, membedakan minyak goreng asli dan bekas/limbah dapat dilakukan dengan melihat warna, bau, dan tekstur.

Minyak goreng asli berwarna kuning hingga kuning pucat, berbau khas seperti bau kelapa atau tidak berbau sama sekali, serta memiliki tekstur yang cair dan encer.

Namun, minyak goreng bekas/limbah tidak mempunyai ciri-ciri sebagaimana disebut sebelumnya.

Dengan demikian, informasi tentang cara membedakan minyak goreng asli dengan minyak goreng limbah sebagaimana disebut dalam unggahan Facebook itu merupakan keliru atau kurang tepat.

Kalim: Cara memastikan minyak goreng asli atau limbah
Rating: Misinformasi

Catatan Redaksi: Sebagai bagian dari jaringan media pemeriksa fakta, Cek Fakta, ANTARA meminta kesediaan para pembaca untuk mengisi survei dengan tautan sebagai berikut: https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta. Survei itu bertujuan menjaring masukan dari para pembaca guna perbaikan produk-produk pemeriksa fakta di media jaringan Cek Fakta. Terima kasih.

Cek fakta: Hoaks! Alfamart bagikan minyak goreng 1 kg gratis

Baca juga: Ridwan Kamil temukan banyak harga minyak goreng curah di atas HET

Baca juga: Menperin temukan penyedia minyak curah belum patuhi aturan

Pewarta: Tim JACX
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2022