Karena ketakutan, warga dan para pemburu babi di sana langsung menembak harimau itu tanpa bermusyawarah dengan pihak nagari dan kecamatan,"
Padangpariaman (ANTARA News) - Seekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) ditembak warga di Korong (Desa) Sikuliek, Nagari Sungai Buluh, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padangpariaman, Sumbar.

"Harimau tersebut terpaksa ditembak para pemburu karena warga ketakutan menemukan harimau yang masuk perangkap babi," kata Camat Batang Anai Syofriyon di Padangpariaman, Senin.

Dikatakannya, berdasarkan laporan pihak Nagari, harimau tersebut diketahui warga masuk perangkap babi pada Sabtu (15/10) sejauh empat kilometer dari pemukiman.

"Karena ketakutan, warga dan para pemburu babi di sana langsung menembak harimau itu tanpa bermusyawarah dengan pihak nagari dan kecamatan," katanya.

Pihaknya baru mengetahui kejadian tersebut pada Minggu (16/10), dan sangat menyayangkan tindakan menembak harimau tanpa dapat dimusyawarahkan dengan tokoh masyarakat dan lainnya.

Menurutnya, di Padangpariaman, bila ada harimau tertangkap harus diupacarai terlebih dahulu karena sudah tradisinya seperti itu.

Sementara itu Kapolsek Batang Anai, AKP Ali A Nazar menyatakan, sejak laporan ditangkapnya harimau itu, hingga kini bangkai harimau tidak diketahui keberadaannya.
(ANT-208)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011