Jakarta (ANTARA News) - Pengiriman PC Hewlett Packard Co (HP) naik 5.3 persen pada kuartal ketiga sedangkan produsen komputer asal China Lenovo mengambil alih posisi Dell di posisi dua untuk pertama kalinya, hal itu berdasarkan dua perusahaan riset ternama di dunia yang dikutip Reuters.

Menurut pengamat teknologi Gartner, HP memimpin pangsa pasar sebesar 17,7 persen naik 17,3 persen dari tahun lalu.HP belum memutuskan untuk menjual, bertahan atau merombak total divisi PC pada akhir Oktober .

Sementara itu, perusahaan riset IDC menempatkan pangsa pasar HP pada 18,1 persen. IDC juga peringkat HP, Lenovo dan Dell diposisi 1, 2 dan 3.

Para analisis Wall Street berspekulasi bahwa pemberitahuan awal perombakan  besar divisi terbesar HP akan membuat pelanggan kabur.

Sementara itu pencapaian Lenovo itu didorong oleh tingginya penjualan laptop Lenovo yang merger perusahaan teknologi Jepang, NEC dan strategi pemasaran yang agresif. Hal itu membuat pangsa pasar Lenovo semakin luas menjadi 13,5 persen dari 11,1 persen melampaui pangsa pasar Dell sebesar 11,6 persen.

Penjualan PC terlihat menurun lantaran pelanggan semakin berpaling ke perangkat mobile seperti ponsel pintar dan tablet, sementara ekonomi perusahaan tampak goyah karena sebagian besar pengeluaran dihabiskan untuk perangkat keras teknologi.

Namun IDC meramalkan pada 2012, HP dan pembuat PC lainnya mulai merambah laptop berukuran kecil "ultra-mobile".

"Untuk saat ini, PC berada di kursi belakang untuk bersaing menyusut anggaran konsumen dan bisnis," kata Penelitian analis senior IDC Jay Chou.
(Adm)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011