Bangkok, Thailand (ANTARA News) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok, Thailand, siap melakukan evakuasi bila ada warga negara Indonesia (WNI) yang terjebak banjir jika dalam sepekan ini genangan air belum juga turun.

Sekretaris I Fungsi Pendidikan, Sosial dan Budaya KBRI Suargana Pringganu mengatakan di Bangkok hingga saat ini belum ada WNI yang menjadi korban banjir.

"Tapi ada sebagian WNI khususnya dari kalangan mahasiswa yang lokasi belajarnya di Bangkok Utara yang terancam banjir," kata Suargana dihadapan rombongan dari Pemkot Surabaya di Kantor KBRI Bangkok.

Menurut dia, jumlah WNI di Thailand sebanyak 1.780 orang. Dari jumlah tersebut ada sekitar 300 mahasiswa dan sisanya kalangan profesional.

Sedangkan mahasiswa yang daerahnya terkena banjir ada sekitar 15 mahasiswa namun ketinggian air banjir yang ada saat ini baru sekitar 10cm.

Meski demikian, lanjut dia, pihak KBRI terus mengantisipasi jika dalam sepekan belum ada perubahan atau banjir semakin parah, maka 15 mahasiswa tersebut akan dievakuasi.

Sementara itu, Wakil Dubes RI di Bangkok Thailand, Primanto Hendrasmoro menambahkan banjir kali ini merupakan yang terbesar sejak sepuluh tahun terakhir.

"Ada sekitar 33 provinsi yang tergenang banjir. Bahkan banjir sudah merembet ke zona industri yang tentunya mengakibatkan kerugian yang cukup besar," ujarnya.
(A052/R007)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011