Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Agus Martowardojo merasa yakin bahwa keberadaan sejumlah wakil menteri di jajaran pemerintahan tidak akan membebani anggaran negara.

"Saya kok yakin itu tidak membenani, relatif tidak membebani," katanya ketika ditemui setelah menghadiri acara pelantikan menteri baru di Istana Negara di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, para wakil menteri itu sudah berada dalam jajaran birokrasi kementerian terkait pada tingkat jabatan IA. Oleh karena itu, anggaran untuk para wakil menteri sudah menjadi bagian dari instansi terkait dan tidak akan ada perubahan yang berarti.

Agus berpendapat, para wakil menteri tidak perlu membuat organisasi sendiri yang berpotensi menambah anggaran.

"Saya mesti meyakinkan bahwa semua pemahamannya sama, tidak perlu membangun organsiasi khusus untuk wakil menteri," katanya.

Presiden telah melantik sejumlah wakil menteri. Para wakil menteri itu adalah Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang pendidikan Musliar Kasim, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Kebudayaan Wiendu Nurhayati, Wakil Menteri Hukum dan Ham Prof Denny Indarayana, Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasodjo, Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo, Wakil Menteri Luar Negeri Wardana.

Kemudian, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, Wakil Menteri BUMN Mahmudin, Wakil Menteri Kesehatan Prof Ali Ghufron, dan Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriyawan.

Sedangkan wakil menteri yang bergeser adalah Bayu Krisnamurthi menjadi Wakil Menteri Perdagangan dan Mahendra Siregar menjadi Wakil Menteri Keuangan.

(F008/B012)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011