Sebanyak 123 orang kades telah disuntik vaksin baik dosis pertama maupun kedua
Gorontalo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo memastikan seluruh kepala desa (kades) dan perangkat desa telah menjalani vaksinasi COVID-19.

"Sebanyak 123 orang kades telah disuntik vaksin baik dosis pertama maupun kedua. Sedangkan untuk dosis penguat (booster) tergantung jadwal penerimaan masing-masing," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Gorontalo Utara, Abdul Wahab Paudi di Gorontalo, Rabu.

Bahkan, kata dia, perangkat desa yang sempat mengalami kendala medis akhirnya telah disuntik vaksin sesuai laporan yang diterima.

Baca juga: Dinkes Gorontalo Utara tetap gelar vaksinasi COVID-19 saat Ramadhan

Pihaknya, kata Wahab, intensif menerima laporan terkait kemajuan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dari setiap desa sebagai upaya dalam menyukseskan penanganan pandemi di daerah itu.

"Alhamdulillah seluruh pemerintah desa di daerah ini sangat antusias mendukung dan menyukseskan pelaksanaan vaksinasi COVID-19," katanya.

Ia pun memastikan 123 pemerintah desa tersebar di 11 kecamatan, terus mengajak masyarakat sasaran vaksinasi COVID-19 yang belum pernah disuntik vaksin untuk segera mendapatkannya.

Baca juga: BPBD Gorontalo Utara tetapkan status siaga bencana banjir

Saat ini ditekankan bagi masyarakat sasaran yang belum menerima dosis kedua diharapkan segera mendapatkannya agar dinyatakan menerima vaksin lengkap juga ditambah booster.

"Untuk mengajak masyarakat, kita harus dapat memberi contoh. Maka dalam setiap pertemuan dengan seluruh camat dan kades, diminta agar tidak ada aparatur di garda terdepan yang belum divaksin. Di samping mengintensifkan sosialisasi vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: DPRD Gorontalo Utara dorong terbentuknya komunitas pecinta lingkungan

Hal itu bukan sekadar untuk mencapai target cakupan vaksinasi, namun yang paling penting adalah sukses membentuk kekebalan tubuh bersama dari virus corona.

Sejauh ini, kata dia lagi, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang dilakukan di setiap gerai desa tetap mendapatkan dukungan masyarakat.

Namun tugas utama yang terus dilakukan secara bersama-sama adalah meningkatkan animo tersebut dan meyakinkan masyarakat untuk tidak ragu divaksin dosis kedua serta booster.

Baca juga: Dinkes catat 19 kasus baru positif COVID-19 di Gorontalo Utara
 

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022