Solo (ANTARA) - Polres Kota Surakarta, Jawa Tengah membuka gerai vaksinasi penguat di Klinik Bhayangkara Polresta Surakarta dengan menyediakan sekitar 200 dosis vaksin setiap hari, melalui pelayanan pagi dan malam, selama Ramadhan 1443 Hijriah.

Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak di Solo, Kamis, mengatakan vaksinasi tersebut perlu dilakukan guna meningkatkan capaian vaksinasi penguat di Kota Surakarta.

Ia menjelaskan akselerasi vaksinasi penguat dilakukan Polresta Surakarta menjelang libur Lebaran 2022.

"Kami selain melaksanakan kegiatan akselerasi vaksinasi pada pagi hari, mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB, juga malam hari mulai pukul 19.30 WIB hingga pukul 21.30 WIB," kata dia.

Baca juga: Vaksinasi penguat upaya tingkatkan proteksi saat mudik berlangsung

Kapolresta Ade menargetkan melakukan vaksinasi penguat kepada 200 warga setiap hari. Vaksinasi penguat itu dilakukan selama Ramadhan.

Program vaksinasi penguat tersebut juga diharapkan memudahkan masyarakat yang hendak mudik Lebaran karena salah satu syarat mudik yang diterapkan pemerintah yakni wajib mendapatkan vaksin dosis ketiga.

Ia berharap program vaksinasi tersebut bisa membantu masyarakat aman dari ancaman COVID-19 dan lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah Ramadhan.

"Kami setiap hari menggelar gerai vaksinasi di Klinik Bhayangkara. Kami berharap dan mendorong masyarakat saat beraktivitas di luar rumah bisa mampir untuk vaksinasi," katanya.

Berdasarkan perkembangan data vaksinasi di Dinas Kesehatan Kota Surakarta hingga Kamis, cakupan vaksinasi dosis pertama di Solo 596.028 sasaran atau sekitar 142,88 persen dari total target 400.000 sasaran, dosis kedua 133,94 persen, dan dosis ketiga 41,64 persen.

"Kegiatan vaksinasi penguat atau dosis ketiga yang sekarang mencapai 41,64 persen dengan percepatan vaksinasi penguat ini, menargetkan bisa mencapai 70 persen hingga Lebaran," katanya.

Baca juga: Cakupan vaksinasi penguat di Yogyakarta mendekati 70 persen
Baca juga: Polres Bekasi inisiasi vaksinasi penguat pada malam Ramadhan
Baca juga: Polres Malang geber vaksinasi penguat saat Ramadhan

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022