Ankara (ANTARA News) - Militer Turki mengatakan, Kamis, mereka telah mengirim ratusan tentara ke Irak utara untuk menyerang pemberontak Kurdi sebagai pembalasan pada serangan Rabu yang menewaskan 24 tentara Turki.

"Operasi darat skala-besar, didukung dengan serangan udara, telah dimulai di lima tempat terpisah di Turki dan di seberang perbatasan (Irak utara) dengan 22 batalion," kata staf jendral dalam sebuah pernyataan tertulis yang disiarkan di laman Internetnya, lapor AFP.

Ke 22 batalion tersebut terdiri atas unit-unit komando dan juga gendarmerie dan pasukan khusus, kata pernyataan itu. Beberapa pengamat mengatakan 22 batalion itu setara dengan 10.000-15.000 tentara.

Serangan mematikan pemberontak Kurdi terhadap pos-pos militer di Turki tenggara yang sebagian besar warganya etnik Kurdi dekat perbatasan Irak telah menyebabkan 24 tentara Turki tewas dan 18 yang lain luka-luka.

Serangan itu telah memicu serangan pemboman siang-malam terhadap kamp-kamp pemberontak Kurdi di Irak utara oleh jet-jet angkatan udara Turki sebelum serangan darat.

Bentrokan antara PKK dan militer Turki telah meningkat sejak musim panas.

Lima polisi dan empat warga sipil telah tewas akibat ledakan sebuah ranjau darat di Turki tenggara, Selasa.

PKK, didaftar sebagai kelompok terorist oleh Turki dan banyak masyarakat internasional, mengangkat senjata di Turki tenggara yang mayoritas Kurdi pada 1984, memicu konflik yang telah menyebabkan sekitar 45.000 orang tewas. (S008/M014)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011