Mataram (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menutup kunjungan kerjanya di Nusa Tenggara Barat dengan melakukan "ground breaking" kawasan wisata Mandalika Resort, di Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jumat pagi.

Kawasan wisata Mandalika Resort yang terletak sekitar 70 kilometer arah selatan Kota Mataram adalah suatu kawasan representatif dengan sejumlah hotel berbintang yang dapat digunakan untuk menggelar acara-acara internasional.

Groundbreaking pembangunan kawasan wisata Mandalika Resort itu akan ditandai dengan penekanan tombol sirine setelah menyampaikan pidato singkat.

Kemudian Presiden akan didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Gubernur NTB Zainul Majdi dan Direktur Utama PT Bali Tourism Development Corporation (BTDC) Ida Bagus Wirajaya untuk meninjau panel proyek-proyek groundbreaking.

Sementara itu pada Kamis (20/10) Presiden meresmikan Bandara Internasional Lombok (BIL) yang terletak sekitar 10 kilometer dari kawasan Mandalika Resort.

Pada 22 Juli 2011, pemerintah memutuskan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata di Provinsi NTB, dengan menetapkan areal seluas 1.200 hektar di Lombok bagian Selatan sebagai kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Nasional (Ekkparnas).

Kawasan Ekkparnas itu mencakup kawasan Mandalika yang akan dijadikan tempat pertumbuhan baru di daerah Lombok bagian Selatan yang berbasis wisata, sehingga dinamai Mandalika Resort.

Seusai meresmikan pembangunan kawasan wisata Mandalika Resort Presiden mengakhiri kunjungan tiga harinya di Lombok, 19-21 Oktober dan bertolak menuju Bali guna menghadiri peresmian pembukaan Rapat Kerja Nasional VII Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) tahun 2011.

Presiden akan berada di Bali hingga 24 Oktober 2011. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011