Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin berharap Pengurus Besar Al-Jam’iyatul Washliyah, sebagai salah satu organisasi Islam di Indonesia, ikut serta mencetak sumber daya manusia (SDM) yang dapat berperan memakmurkan bumi.

Hal tersebut disampaikan Wapres saat menerima Pengurus Besar Al-Jam’iyatul Washliyah di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis.

“Saya selalu mengatakan kita harus membangun generasi pemakmur bumi, tetapi tentu juga orang yang bertakwa, orang yang menguasai ilmu pengetahuan, dan teknologi. Saya kira dua hal ini memang tidak boleh dipisahkan,” ujar Wapres.

Baca juga: Wapres dorong Pramuka aktif berkontribusi bangun SDM unggul

Wapres menjelaskan memakmurkan bumi merupakan perintah agama yang harus dipenuhi umat manusia yang salah satunya dapat dilakukan melalui upaya pembangunan di beberapa sektor ekonomi dengan memanfaatkan SDM yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Menurutnya, kunci memakmurkan bumi adalah melaksanakan kegiatan-kegiatan ekonomi, baik yang menyangkut pertanian, peternakan, pertambangan, industri dengan sumber daya manusia yang bertakwa, dan memiliki ilmu pengetahuan.

Wapres mengapresiasi Al-Jam’iyatul Washliyah yang selama ini turut menggaungkan Islam moderat di Indonesia yang menurutnya sangat penting untuk menghilangkan kesan Islam kelompok radikal ekstrem.

Baca juga: Wapres dukung Pancasila jadi pelajaran tersendiri
Baca juga: Wapres dukung inklusi keuangan digital berbasis bank syariah


Dia berharap organisasi Al-Jam’iyatul Washliyah dapat terus mendukung program pemerintah dalam percepatan cakupan vaksinasi, terutama dalam menghadapi gelombang mudik Lebaran 2022 yang diperkirakan akan mencapai 80 juta orang.

Adapun Ketua Umum PB Al-Jam’iyatul Al-Washliyah Masyhuril Khamis pada kesempatan itu memohon kesediaan Wapres untuk dapat membuka Rapat Kerja Nasional yang akan segera diselenggarakan, serta memohon bimbingan dan dukungan Wapres dalam pembangunan Kampus Al-Washliyah yang saat ini baru dimulai.

“Ada rencana kami untuk melakukan rapat kerja nasional yang akan dilaksanakan setelah Ramadhan. Tentu kami harapkan Wapres dapat hadir membuka dan kami telah melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kampus Al-Washliyah di Serang, Banten, mohon saran dan masukan dalam pelaksanaannya,” ujar Masyhuril.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022