Bondowoso (ANTARA News) - Abdullah (60), tenaga kerja Indonesia asal Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, meninggal saat dalam perawatan di sebuah rumah sakit di Selangor, Malaysia, akibat demam berdarah.

Kabid Pelatihan, Penempatan, dan Penyaluran Kesempatan Kerja (P3KK) Disnakertrans Bondowoso Asep T Herjadi menjelaskan bahwa TKI asal Desa Taal, Kecamatan Tapen, itu telah meninggal 29 Agustus 2011.

"Tapi kami baru mendapat pemberitahuan lewat faksimile dari Kedutaan Besar RI di Malaysia yang ditembuskan ke Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia atau BNP2TKI, Kementerian Tenaga Kerja dan Disnakertrans Jatim pada 17 Oktober lalu," katanya.

Ia menjelaskan, dalam surat itu disebutkan bahwa Abdullah Kajang, Selangor, Malaysia.

Setelah mendapatkan surat itu Disnakertrans Bondowoso langsung melakukan pelacakan ke Desa Taal. Hasilnya, dari keterangan keluarga disebutkan bahwa Abdullah memang warga Bondowoso dan sudah bekerja di negeri jiran sejak 15 tahun lalu.

Menurut Asep, info yang diterimanya dari Malaysia menyebutkan bahwa Abdullah merupakan tahanan di penjara Sungai Jelok, Selangor. Namun ia tidak mengetahui pasti sebab apa Abdullah harus masuk ke penjara.

"Informasinya dia memang tahanan dan di dalam tahanan dia menderita demam berdarah, kemudian dirawat di rumah sakit dan meninggal," katanya. (ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011