Purbalingga (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, mengajak warga di wilayah setempat untuk mengikuti layanan vaksinasi COVID-19 di bulan Ramadhan yang akan dilaksanakan di sejumlah masjid setelah pelaksanaan shalat tarawih.

"Untuk percepatan vaksin ada sejumlah program yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan, salah satunya vaksinasi di sejumlah masjid setelah shalat tarawih," kata Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga dr. Jusi Febrianto di Purbalingga, Jumat.

Dia menjelaskan, pada Jumat, 8 April ini kegiatan vaksinasi setelah shalat tarawih akan dilaksanakan di Masjid Perumahan Abdi Kencana, Masjid Bojongsari dan Karangbanjar serta Balai Desa Kalitinggar Kidul.

Baca juga: Purbalingga masih terus tingkatkan vaksinasi dosis dua dan lansia

Jusi mengingatkan bahwa vaksinasi sangat penting untuk meningkatkan proteksi individu di tengah pandemi COVID-19.

"Terlebih lagi pada bulan Ramadhan dan Lebaran nanti akan berkumpul bersama keluarga maka untuk memberikan perlindungan optimal diperlukan vaksinasi," katanya.

Sementara itu, ahli epidemiologi lapangan dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dr. Yudhi Wibowo mengapresiasi pemerintah daerah yang terus melakukan upaya percepatan vaksinasi COVID-19.

Vaksinasi sangat penting untuk memberikan perlindungan optimal bagi seluruh masyarakat termasuk bagi kelompok rentan seperti lansia, ibu hamil, anak-anak serta mereka yang memiliki komorbid.

Baca juga: Pemkab Purbalingga upayakan percepatan program vaksinasi COVID-19

"Oleh karena itu, perlu menjadi perhatian bahwa kelompok lansia khususnya yang memiliki komorbid agar segera mendapatkan vaksinasi penguat," katanya.

Menurut pengajar di Fakultas Kedokteran Unsoed tersebut, program vaksinasi COVID-19 bagi seluruh masyarakat khususnya kelompok lansia harus terus digencarkan guna mempercepat target kekebalan kelompok.

"Vaksinasi hingga dosis ketiga sangat diperlukan untuk mengantisipasi peningkatan kasus kematian akibat COVID-19 mengingat kelompok lansia khususnya mereka yang memiliki komorbid termasuk kelompok yang rentan bila terinfeksi COVID-19," katanya.

Selain melakukan vaksinasi, kata dia, masyarakat juga harus diingatkan untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Dinkes: Vaksinasi anak di Purbalingga capai 90,92 persen

"Harus diperhatikan agar selalu menggunakan masker yang memiliki daya saring yang tinggi atau memiliki tingkat perlindungan yang baik selain itu juga harus dengan cara yang baik dan benar," katanya.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022