London (ANTARA News) - Mario Balotelli mencetak dua gol saat Manchester City menghancurkan Manchester United 6-1 sekaligus mencatat keunggulan lima poin di puncak klasemen Liga Utama Inggris, Minggu, setelah mencatat kemenangan besar mereka di Old Trafford dalam 85 tahun.

Pemain asal Italia berusia 21 tahun itu dipasang sebagai pemain pertama untuk pertandingan tim sekota itu oleh pelatih Roberto Mancini. Dia membuka gol bagi keunggulan City pada menit ke-22 dan kemudian menambah dengan gol kedua saat pertandingan berlangsung satu jam.

Pemain penyerang asal Argentina Sergio Aguero menjalakan gol ketiga pada menit ke-69 dan kemudian dua gol menjelang akhir pertandingan dari Edin Dzeko dan satu gol dari David Silva melengkapi sore yang mengesankan bagi City itu, saat United menelan kekalahan kandang terburuk mereka dalam sejarah liga utama Inggris.

United, yang harus kehilangan Jonny Evans karena diganjar kartu merah pada menit kedua di babak kedua, menciptakan satu gol melalui Darren Fletcher, namun itu tidak cukup untuk menjadi penghibur bagi tim asuhan Sir Alex Ferguson itu, demikian AFP melaporkan.

Kekalahan ini merupakan kekalahan pertama United di liga di Old Trafford sejak April 2010 dan menempatkan City di posisi teratas dalam klasemen saat ini.

Gol pertama Balotelli terjadi pada pertengahan babak pertama ketika pemain penyerang tersebut dengan tenang melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti ke gawang United, setelah sebuah kerja sama yang rapi antara Silva dan James Milner.

United mencoba membalas selama sisa babak pertama tersebut namun hanya ada dua peluang melalui upaya jarak jauh dari Anderson dan Wayne Rooney.

Keadaan semakin buruk bagi United saat babak kedua baru berjalan dua menit ketika mereka harus bermain dengan 10 pemain karena Evans menjatuhkan Balotelli di luar area penalti.

Tembakan mematikan dari Balotelli terjadi pada menit 60 dan kembali itu berkat kerja sama Silva dan Milner, yang membuat pemain asal Italia itu membuat kedudukan menjadi 2-0.

Kerja sama yang lebih rapi mengantar gol dari Aguero sebelum Fletcher melepaskan tembakan melengkung dalam penyelesaian akhir yang luar biasa 10 menit sebelum pertandingan berakhir.

Saat United semakin acak-acakan, City meningkatkan tekanan dan Dzeko menambah gol pada menit 90, sebelum Silva mencetak gol dari jarak dekat dan Dzeko menambah dengan gol keduanya pada pertandingan itu untuk membuat kedudukan menjadi 6-1.

Pada pertandingan lain hari Minggu, kapten Arsenal Robin van Persie kembali menjadi penyelamat saat "Gunners" menundukkan Stoke 3-1 di Emirates.

Van Persie masuk dari bangku cadangan dan menciptakan gol kedua dan ketiga Arsenal, setelah Peter Crouch menyamakan kedudukan bagi Stoke menyusul gol pembuka Gervinho. Kemenangan tersebut menaikkan Arsenal ke posisi ketujuh dalam klasemen.

Pada pertandingan di Craven Cottage, Everton menciptakan dua gol saat "injury time" untuk merebut kemenangan 3-1 atas Fulham. Everton unggul melalui Royston Drenthe pada menit ketiga, sebelum pemain pengganti Bryan Ruiz menyamakan kedudukan pada menit 67.

Tapi kemudian Louis Saha membuat kedudukan menjadi 2-1 bagi keunggulan Everton sebelum Jack Rodwell membuat kedudukan menjadi 3-1 tiga menit sebelum pertandingan berakhir.
(I015/A032) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011