Bogor (ANTARA News) - Sekurangnya 35 perusahaan, mulai dari perbankan, pertanian, peternakan, asuransi, hingga properti, mengikuti "IPB Job Fair" ke-10 tahun 2011

Humas Institut Pertanian Bogor (IPB) Henny Windarti dalam penjelasan di Bogor, Senin menyebutkan, kegiatan yang diselenggarakan Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) itu diikuti ribuan "fresh graduate" dari berbagai perguruan tinggi.

Ia menjelaskan, gerai-gerai dari perusahaan perbankan seperti BRI, BNI, Mandiri, BCA, Danamon, BTPN dan Bukopin menjadi tempat favorit para pencari kerja.

Untuk memperoleh kesempatan daftar, mereka rela antri di gerai-gerai yang dipusatkan pada "IPB Job Fair" di Graha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga Bogor, akhir pekan (22/10) lalu.

Direktur DPKHA IPB Dr Dodik Ridho Nurrochmat mengatakan, tujuan kegiatan tersebut bukan hanya menjadi ajang pencarian lapangan pekerjaan.

Namun, menurut dia, lebih pada pemberdayaan sumber daya manusia.

Pihaknya berharap dapat membekali lulusan perguruan tinggi mengenai persiapan diri memasuki dunia kerja, memfasilitasi kalangan dunia usaha dalam mendapatkan sumberdaya manusia (SDM) dan membangun hubungan sinergis dan saling menguntungkan antara IPB dengan kalangan dunia usaha.

Ia merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan tingkat pengangguran terbuka di Indonesia pada 2009 mencapai 8,14 persen dari total angkatan kerja atau sebanyak 9,26 juta orang belum memiliki pekerjaan.

Jumlah pengangguran dari kalangan perguruan tinggi pun relatif meningkat. Di lain pihak, perusahaan mengeluhkan semakin sulit mendapatkan kandidat yang benar-benar sesuai mengingat bahwa ada banyak kandidat yang tersedia tetapi sangat sedikit yang memiliki kualifikasi memadai.

Berdasarkan pemikiran tersebut, DPKHA IPB atau yang lebih dikenal dengan CDA-IPB (Career Development & Alumni Affairs IPB) secara periodik setiap tahun mengadakan kegiatan bursa kerja dimaksud.

Menurut dia, kegiatan umum bursa kerja yang dipusatkan di Gedung Graha Widya Wisuda Kampus Darmaga itu bertujuan untuk membekali lulusan perguruan tinggi mengenai persiapan diri memasuki dunia kerja.

Kemudian, memfasilitasi kalangan dunia usaha dalam mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang diperlukan, memfasilitasi para pencari kerja, khususnya alumni perguruan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan.

Selain itu, membangun hubungan yang sinergis dan saling menguntungkan antara IPB dan kalangan dunia usaha khususnya dalam penyediaan kebutuhan SDM lulusan yang sesuai kebutuhan, demikian Dodik R Nurrohmat.

(ANT-053/B012)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011