London (ANTARA News) - Pasar saham global telah menguat pada Senin, mengambil kemajuan yang terlihat pada KTT Uni Eropa akhir pekan tentang krisis utang zona Euro dan menyambut positif data pertumbuhan China.

Mereka mengatakan perusahaan penambang dan sumber daya mendapat dorongan dari data manufaktur China yang menunjukkan kembalinya pertumbuhan dan mengurangi kekhawatiran bahwa perekonomian terbesar kedua di dunia itu kemungkinan menghadapi pendaratan keras (hard landing).

Pasar Asia naik tajam, dengan Hong Kong meningkat lebih dari empat persen, setelah pertemuan akhir pekan para pemimpin Eropa membuat kemajuan yang baik tentang upaya mengatasi krisis utang yang mengancam dunia kembali terjun ke dalam resesi.

Dealer mengatakan investor, bagaimanapun, ingin melihat kemajuan berubah menjadi perjanjian definitif dan mengikat di KTT Uni Eropa dan zona euro kedua pada Rabu jika kenaikan ingin berkelanjutan.

Di London, indeks FTSE-100 dari perusahaan terkemuka ditutup naik 1,08 persen menjadi 5.548,06 poin. Di Paris, indeks CAC-40 naik 1,55 persen menjadi 3.220,46 poin dan di Frankfurt indeks DAX-30 naik 1,41 persen menjadi 6.055,27 poin.

Pasar Eropa lainnya membukukan keuntungan moderat serupa, tetapi Athena jatuh 4,51 persen, didorong turun oleh sektor perbankan setelah KTT Uni Eropa mengisyaratkan bahwa investor swasta akan menerima pukulan lebih berat pada utang Yunani.

Milan mencapai lebih rendah dalam beberapa hari tetapi berakhir dengan keuntungan sebesar 0,72 persen karena Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi menyiapkan rapat kabinet darurat untuk meninjau langkah-langkah penghematan baru yang dituntut oleh para pemimpin Uni Eropa.

Euro melonjak menjadi 1,3954 dolar, mencapai tingkat tertinggi sejak 8 September, dan masih naik lebih tinggi pada akhir perdagangan menjadi 1,3944 dolar, naik dari 1,3894 dolar pada Jumat.

Di New York, saham membuat untuk awal yang positif karena dukungan Uni Eropa dan China ditambah lebih baik dari perkiraan laba dari Caterpillar, salah satu penentu arah perekonomian dan kemudian membangun keuntungan pada pembukaan.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,83 persen pada sekitar 16.00 GMT, sementara indeks komposit teknologi Nasdaq melonjak 2,17 persen.

"Para pemimpin Uni Eropa berjanji untuk mengungkap sebuah rencana keuangan secara rinci untuk mengatasi krisis utang kawasan pada Rabu, setelah pertemuan puncak kedua. Di dalam negeri, sementara itu, hasil kuartalan terbaru dari Caterpillar memperkuat saham unggulan," kata Andrea Kramer dari Schaeffer Investment Research.

"KTT Uni Eropa akhir pekan jelas tidak memecahkan krisis," kata analis Rabobank Jane Foley. "Namun, mengingat kemajuan lambat pada kecenderungan politik Eropa untuk beroperasi, ada aliran berita wajar dan kemajuan yang cukup bagi investor."

Para pemimpin Eropa, termasuk Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan Ketua IMF Christine Lagarde, pada Minggu mengatakan "kemajuan yang baik" telah dibuat dalam pembicaraan tentang krisis utang yang telah mengancam ekonomi dunia.

Mereka mengumumkan beberapa rincian menjelang KTT kedua pada Rabu.

Zona euro ingin memperbesar 440-miliar euro (610 miliar dolar AS) dana penyelamatan, Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF), untuk meyakinkan pasar yang berarti untuk melindungi negara-negara yang terjerat utang seperti Italia dan Yunani.

"Investor sedang menunggu KTT Uni Eropa berikutnya pada Rabu, yang harus menghasilkan keputusan akhir pada tiga strategi untuk menangani krisis zona euro melibatkan langkah-langkah untuk rekapitalisasi bank-bank Eropa, perluasan EFSF dan memberikan bantuan utang yang lebih besar untuk Yunani," kata analis Citi, Valentin Marinov.

"Pertemuan akhir pekan memberikan kejelasan lebih lanjut tentang apa yang diharapkan," ia menambahkan.

Pasar Asia membukukan keuntungan yang kuat setelah data menunjukkan kegiatan manufaktur China pada tertinggi lima bulan pada Oktober, terangkat oleh sebuah kenaikan dalam produksi dan pesanan meskipun terjadi gejolak ekonomi global.

Indeks pembelian manajer (PMI) HSBC pendahuluan berdiri di 51,1 pada Oktober, naik dari 49,9 pada September, meningkatkan harapan bahwa ekonomi terbesar kedua dunia itu dapat menghindari pendaratan keras.

Angka di atas 50 mengindikasikan sektor ini berkembang, sementara angka di bawah 50 menunjukkan kontraksi.

Tokyo melonjak 1,90 persen, Hong Kong melonjak 4,14 persen dan Shanghai bertambah 2,29 persen. Sydney rally 2,73 persen, demikian AFP melaporkan.

(SYS/A026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011