Surabaya (ANTARA News) - Komandan Satuan Tugas Batalion Mekanis Kontingen Garuda XXIII-E/UNIFIL atau Indonesia Battalion (INDOBATT), Letnan Kolonel Infantri Hendy Antariksa, menghadiri upacara peringatan hari ulang tahun ke-66 Perserikatan Bangsa-Bangsa di lapangan Cenotaph, Markas UNIFIL, Naqoura, Lebanon Selatan waktu setempat.

Perwira Penerangan INDOBATT, Mayor Pasukan Banu Kusworo, melalui surat elektronik dari Lebanon, Selasa, melaporkan peringatan itu bertepatan hari kelahiran PBB pada 24 Oktober 1945.

"PBB menjaga perdamaian dunia, mengembangkan persahabatan antarbangsa, memupuk kerja sama internasional untuk menyelesaikan masalah sosial, ekonomi, budaya dan penghormatan HAM," katanya.

Dalam upacara itu, Komandan UNIFIL, Mayjen Alberto A Cuevaz, bertindak selaku inspektur upacara yang mengawali upacara dengan pemeriksaan pasukan dan mengheningkan cipta untuk arwah para peacekeepers yang gugur dalam mengemban misi perdamaian.

Setelah mengheningkan cipta dilaksanakan penaikan bendera PBB, Bendera Lebanon dan 36 bendera negara yang tergabung dalam TCC (Troop Contributing Country) dalam misi perdamaian di Lebanon.

Acara dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga dan penyerahan sertifikat penghargaan kepada delapan anggota staf setempat berkebangsaan Lebanon UNIFIL yang telah bertugas mengabdi selama 30 tahun di Markas UNIFIL.

"Pada hari ini marilah kita semua berjanji untuk berdiri tegak dengan satu cita-cita yang mendasari berdirinya PBB pada 66 tahun yang lalu hingga sampai pada hari ini dalam dunia yang telah berubah, tetap menjadi penjuru dalam mewujudkan harapan untuk mencapai keamanan, perdamaian abadi dan pembangunan bagi seluruh umat manusia selamanya," kata Cuevaz dalam sambutannya.

Ia mencatat kerja sama Angkatan Bersenjata Lebanon (LAF) telah menjadi pusat pelaksanaan mandat UNIFIL, sebagaimana dibuktikan dengan dukungan, kerja sama dan kemauan yang baik dari masyarakat Lebanon Selatan untuk memperpanjang misi UNIFIL.

Acara tersebut dihadiri para perwira senior LAF, pemerintah Lebanon, perwakilan dari berbagai organisasi internasional, LSM dan badan-badan organisasi PBB.

Dari Kontingen Indonesia turut hadir, Komandan Kontingen Indonesia Kolonel Pnb Yulianta, Komandan INDOBATT Letkol Inf Hendy Antariksa, Dansatgas MCOU Letkol GT. Situmorang, Letkol Cpl Totok Budi Sugiarto, Letkol Inf Bambang Trisnohadi dan Komandan Satgas FPC Mayor Inf Henry Mahyudi. (E011)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011