Sebelumnya kami telah menemukan adanya hotspot pada T.15 Kenjeran-Gilitimur saat terjadi beban puncak di Madura. Beban itu akibat banyaknya aktivitas malam pada Ramadhan, sehingga ada peningkatan pemakaian listrik...
Surabaya (ANTARA) - PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM) telah melakukan antisipasi atau pencegahan pemadaman listrik di Pulau Madura, setelah menemukan hotspot atau titik panas yang bisa menyebabkan pemadaman bergilir akibat meningkatnya beban listrik di wilayah itu.

General Manager PLN UIT JBM Didik F Dakhlan di Surabaya, Senin, mengatakan, salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya titik panas adalah meningkatnya beban yang disalurkan dari 74 MW menjadi 88 MW saat Ramadhan. 

"Sebelumnya kami telah menemukan adanya hotspot pada T.15 Kenjeran-Gilitimur saat terjadi beban puncak di Madura. Beban itu akibat banyaknya aktivitas malam pada Ramadhan, sehingga ada peningkatan pemakaian listrik, dan tugas kami harus selalu menjaga keandalan sistem," kata Didik, dalam siaran persnya.

Setelah ditemukannya hotsport,  kata dia, PLN kemudian memperbaiki menara pertemuan (Sealing End) antara Saluran Udara Tegangan Tengah (SUTT) dengan Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) T.15 Kenjeran-Gilitimur yang menyalurkan listrik ke Pulau Madura, sebelum melalui SKTT 150 kV.

Baca juga: PLN sebut telah temukan dugaan lokasi gangguan listrik Madura

"Dengan dilakukannya pekerjaan oleh Tim PDKB membuat penyaluran listrik ke Pulau Madura tidak mengalami pemadaman. Tim tetap semangat melakukan pekerjaan meski sedang menjalankan ibadah puasa, semoga tidak ada gangguan dalam penyaluran listrik ke seluruh pelanggan," kata Didik.

Dengan demikain PLN telah menyelamatkan 264 MW listrik dan akan terus melakukan pemantauan pada sebagian titik baik SUTT maupun SUTET yang berpotensi terjadinya hotspot.

"Tugas kami adalah menjaga keandalan serta kontinuitas dalam penyaluran energi listrik merupakan tugas utama yang diemban PLN," kata Didik.

Sebelumnya Pulau Madura pernah mengalami pemadaman bergilir beberapa waktu lalu akibat adanya gangguan listrik di wilayah Jembatan Suramadu, hingga menarik perhatian Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa untuk turun ke lapangan, melihat langsung gangguan yang terjadi.

Baca juga: PLN tambah SKTT antisipasi listrik padam kembali di Pulau Madura
Baca juga: PLN bentuk tim khusus, percepat pemulihan listrik di Madura


 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022