Bandung (ANTARA) -  Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat (Jabar) menyiapkan uang tunai sebesar Rp24,09 triliun atau naik 5,64 persen dari tahun sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriah/2022.

"Secara keseluruhan ketersediaan uang tunai di Jawa Barat mencukupi kebutuhan, bahkan mampu memenuhi 125 persen dari proyeksi kebutuhan masyarakat. Dan untuk kebutuhan Lebaran dan Ramadhan Tahun 2022, BI Jabar menyiapkan Rp24 triliun yang terdiri dari di BI Cirebon Rp5,3 triliun, lalu BI Tasikmalaya Rp2,41 triliun dan sisanya tersebar ke seluruh wilayah Jabar," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jabar Herawanto, di Kota Bandung, Senin.

Herawanto mengatakan permintaan uang selama Ramadhan relatif mengalami peningkatan setiap tahunnya. Berdasarkan data BI Jabar pada 2018 hingga 2021 permintaan uang selama Ramadhan di wilayah itu naik rata-rata sebesar 10,91 persen.

Dengan mempertimbangkan peningkatan kebutuhan tersebut, kata dia, perkiraan kebutuhan uang tunai di Jawa Barat pada periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadhan dan Idul Fitri 2022 mencapai Rp19,26 triliun, meningkat 10,42 persen dari kebutuhan tahun lalu sebesar Rp17,44 triliun.

"Jadi langkah Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat tersebut dilakukan seiring momentum pertumbuhan ekonomi yang terus berlanjut serta untuk mengantisipasi peningkatan transaksi masyarakat sejalan dengan pandemi yang mulai terkendali," kata dia.

Baca juga: BI siapkan uang tunai Rp175,26 triliun untuk penuhi kebutuhan Ramadhan

Menurut dia, pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan peningkatan aktivitas masyarakat saat Ramadhan dan Idul Fitri akan meningkatkan aktivitas ekonomi dan pembayaran.

Untuk memastikan distribusi uang tunai berjalan lancar BI Jabar menggelar Kas Keliling dengan menggunakan Aplikasi BI Pintar (pintar.bi.go.id) di 17 kabupaten/kota.

Untuk mengakomodir kebutuhan uang kecil selama periode mudik dan balik Lebaran, BI Jabar sedang mempersiapkan layanan penukaran di beberapa rest area

Kegiatan Layanan Penukaran Kas Terpadu secara resmi dibuka pada hari ini di Kantor BI Jabar di Jalan Braga Kota Bandung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Herawanto, bersama Kepala OJK Jawa Barat, Indarto Budiwitono, serta Pimpinan 14 bank yang terdiri dari BRI, Bank Mandiri, BJB, BTN, BNI, BCA, Bank DKI, MayBank, BJB Syariah, BSI, Bank Muamalat, Bank Woori Saudara, OCBC NISP dan CIMB Niaga.

Setiap harinya layanan akan dilakukan mulai pukul 08.00 s.d 12.00 WIB. Masyarakat yang ingin menukarkan uangnya pada mobil layanan ini tata cara penukaran uang yakni menyiapkan kartu identitas (KTP atau KartuPelajar/Mahasiswa), mengisi formulir penukaran, uang yang akan ditukarkan disusun sesuai pecahan dan menghadap searah, budayakan antre.
Baca juga: BI: Penukaran uang selama Ramadhan bisa dipesan lewat aplikasi PINTAR
 
 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022