Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 36 proyek dengan nilai total investasi mencapai 13 miliar yuan (1 yuan = Rp2.255) ditandatangani pada Senin (11/4) di Pelabuhan Perdagangan Bebas (Free Trade Port/FTP) Hainan, ungkap pihak berwenang setempat.

Proyek-proyek tersebut mencakup sejumlah bidang antara lain logistik modern, biomedis, manufaktur mutakhir, ekonomi digital, perdagangan lepas pantai, penerbangan bisnis, keuangan modern, dan pertanian berteknologi tinggi. Sebuah acara penandatanganan diadakan di Haikou, ibu kota provinsi kepulauan Hainan, China selatan.

Dari proyek-proyek tersebut, 21 di antaranya terkait dengan industri biomedis, yang juga merupakan salah satu penggerak utama industri kota itu. Hingga akhir tahun lalu, sektor biomedis telah menjadi industri senilai 37,6 miliar yuan di Haikou.

Haikou sedang membangun dirinya menjadi basis demonstrasi inovasi kelembagaan terpadu bagi sektor biomedis FTP Hainan.

Industri biomedis kota itu diperkirakan akan menghasilkan 100 miliar yuan dalam pendapatan operasionalnya pada 2025. Angka tersebut akan menjadi dua kali lipat pada 2030, menurut Liu Liwu, Wakil Wali Kota Haikou. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022