Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak 2,3 juta orang Indonesia mengunjungi Singapura pada 2010, sedangkan orang Singapura yang ke Indonesia pada kurun yang sama hanya belasan ribu orang.

"Sampai saat ini, jumlah wisatawan asal Indonesia menempati peringkat pertama dibandingkan dengan wisatawan dari negara lain," kata "Area Director Indonesia - International Operations Singapore Tourism Board" Suhaimi Sainy di Surabaya, Rabu.

Ditemui dalam sertifikasi Edutrust tingkatkan standar sektor pendidikan swasta di Singapura, ia menilai besarnya minat wisatawan Indonesia ke Singapura, karena banyaknya objek wisata menarik baik dari segi hiburan maupun pusat perbelanjaan.

"Contohnya, adanya beragam klub, restoran, dan pusat belanja yang tak pernah berhenti melakukan inovasi dan kreasi," katanya.

Selain itu, di Singapura pengusaha yang menekuni bisnis pariwisata memiliki upaya khusus untuk terus menarik minat wisatawan supaya tetap datang ke negaranya.

"Salah satunya rutin berganti - ganti konsep hiburan yang disuguhkan sehingga ketika wisatawan datang kembali ke Singapura, mereka memiliki pengalaman berbeda dibandingkan kunjungan sebelumnya," katanya.

Ia mencontohkan, saat bulan Oktober ini menyuguhkan atraksi teatrikal "Lion King" maka pada bulan Desember mendatang akan ada tema lain yang lebih memukau wisatawan.

"Pergantian variasi kegiatan pariwisata di sana baik desain maupun konsep terjadi hampir setiap bulan," katanya.

Terkait kunjungan wisatawan Singapura ke Jawa Timur, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, Irlan Indrocahyo, mengatakan, angka kedatangan mereka menempati peringkat kedua setelah Malaysia.

"Selama Januari sampai Agustus 2011, total wisatawan Singapura yang datang ke Jatim mencapai 9.217 orang atau mengalami peningkatan dibandingkan periode sama tahun 2010 sebanyak 9.196 orang," katanya. (ANT-071/M027)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011