Kota Bogor (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga bersama sejumlah anggota Komisi VI DPR RI meninjau harga dan ketersediaan pangan jelang Lebaran 2022 di Pasar Baru Bogor dengan turun langsung berbincang dengan para pedagang.
 
Jerry Sambuaga beserta Wakil Ketua Komisi VI DPR Muhammad Sarmuji, Sekretaris Kementerian Perdagangan Suhanto didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mendatangi Pasar Baru Bogor sekitar pukul 10.00 WIB.
 
Mereka memasuki area pasar dan langsung menyapa serta bertanya mengenai ketersediaan atau stok dan juga harga pangan seperti minyak goreng, daging sapi dan ayam, cabai, bawang dan terigu kepada pedagang.

Awalnya, rombongan Wamendag mendatangi sejumlah toko sembako untuk memastikan ketersediaan bahan pokok, jangkauan harga dan mendengarkan kendala para pedagang.
 
Mendag dan rombongan mendapati harga sejumlah bahan pokok seperti minyak goreng curah masih memiliki selisih di atas harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000 per liter dan Rp15.500 per kilogram.
 
Sementara untuk minyak goreng kemasan, menurutnya, dibandingkan hasil pantauan harga di daerah lain seperti Provinsi Makassar dan Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara wilayah timur Indonesia, di Kota Bogor relatif lebih terjangkau.
Baca juga: Anggota DPR minta adanya "roadmap" berjangka kendalikan harga pangan

Bergeser ke pedagang daging hingga cabai, daging sapi, daging ayam, terigu, bawang merah dan putih, telur dan gula ketersediaan terpantau cukup baik.
​​
Mengenai harga pun, kenaikan relatif variatif seperti harga daging sapi di Pasar Baru Bogor dijual seharga Rp140.000 per kilogram. Harga ini naik sekitar Rp10.000 hingga Rp25.000 dari harga biasa yang berkisar Rp115.000 dan Rp125.000.
 
Sementara harga terigu mengalami kenaikan Rp2.000 dari Rp8.000 menjadi Rp10.000 per kilogram. Kemudian harga cabai merah besar turun Rp5.000 dari harga Rp45.000 ke Rp40.000 dan harga cabai rawit hijau dari Rp35.000 ke Rp32.000.
 
"Fluktuatif memang ada yang naik dan ada yang turun, tetapi ada yang memang masih dalam taraf yang wajar," kata Jerry.

Usai berkeliling mendengarkan aspirasi para pedagang bersama anggota dewan dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, ​​​​Wamendag Jerry Sambuaga meninggalkan Pasar Baru Bogor sekitar pukul 11.30 WIB.
 
 

Pewarta: Linna Susanti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022