Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Insinyur Indonesia (PII) menyambut baik sikap pemerintah untuk pengadaan alutsita dari dalam negeri.

Ketua PII, M Said Didu mengatakan langkah yang dilakukan pemerintah ini akan memberikan banyak manfaat positif bagi bangsa Indonesia.

"Tentu kita sambut baik rencana tersebut, apakah itu berupa alutsista pesawat terbang, kapal, kendaraan tempur dan senjata," ujarnya kepada ANTARA, di Jakarta, Kamis.

Menurut mantan Sekretaris Kementerian BUMN itu, ada beberapa manfaat bisa diperoleh dari pengadaan alutsista dalam negeri, antara lain peningkatan kemandirian bangsa, penyehatan kembali industri pertahanan nasional, dapat menarik kembali ahli Indonesia diluar negeri untuk kembali ke tanah air.

Selain itu lanjutnya, langkah tersebut juga mendorong pertumbuhan ekonomi negara, menaikkan pendapatan negara melalui pajak dan deviden, membuka lapangan kerja, serta menarik investasi ke dalam negeri.

"Jika ini dapat direalisasikan bukan tidak mungkin bangsa yang besar dan kaya akan sumber daya alam dan manusianya seperti Indonesia ini bisa memetik hasil lebih maksimal, tanpa harus mengandalkan dari luar negeri,"tukasnya.

Said menambahkan jika dilihat dari kemampuan yang ada, maka optimistis hal tersebut dapat diwujudkan.

"Saya yakin kita mampu dan BUMN pasti bisa diandalkan," pungkasnya.
(T.KR-SSB/K005)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011