Alokasi jumlah vaksin tergantung dengan titik posko mudik
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan vaksinasi booster atau dosis penguat digencarkan di setiap kota pemberangkatan arus mudik.

"Vaksinasi ini memang diutamakan di wilayah-wilayah tempat pemberangkatan mudik seperti Jabodetabek, Jawa Barat Jawa Tengah dan kota-kota besar di Jawa Timur dan kota luar Jawa termasuk Medan, Makassar, dan sekitarnya," kata Muhadjir Effendy melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan posko vaksinasi booster juga dipersiapkan di wilayah tujuan mudik sebagai upaya meningkatkan laju vaksinasi COVID-19 selama momentum Ramadhan.

Vaksin dosis lengkap maupun booster diharapkan dapat melindungi kesehatan pemudik dan juga keluarga di kampung halaman agar tidak terjadi penularan virus.

Baca juga: Presiden minta angka COVID-19 dipertahankan atau membaik usai Lebaran

Baca juga: Menko PMK: Ramadhan momentum gencarkan vaksinasi COVID-19


Dua tahun tanpa mudik, kata Muhadjir, diprediksi memicu antusiasme masyarakat. Diperkirakan sekitar 80 juta orang penduduk ambil bagian dalam mudik tahun ini.

"Dua tahun ini pemerintah tak menyiapkan kebijakan mudik. Tahun ini kita tata dan siapkan mudik sebaik-baiknya, dari aparat keamanan, penyelenggara transportasi sampai kesehatan," ujarnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi dalam agenda konferensi pers virtual, Selasa (12/4) mengatakan posko vaksinasi COVID-19 di jalur mudik Lebaran 2022 mengalokasikan hingga 1.000 dosis vaksin untuk peserta.

"Alokasi jumlah vaksin tergantung dengan titik posko mudik. Kalau posko-posko besar itu bisa sampai dengan 1.000 dosis, posko kecil sekitar 150-300 dosis," katanya.

Nadia mengatakan penetapan posko vaksinasi di jalur mudik masih dalam tahap persiapan bersama Kementerian Perhubungan dan TNI-Polri selaku penyelenggara kegiatan dalam menyiapkan tim vaksinator hingga pengelolaan rantai dingin vaksin.

Nadia mengatakan sejumlah persyaratan penetapan posko vaksinasi salah satunya lokasi penyelenggaraan yang tidak berpotensi mengganggu kelancaran lalu lintas mudik.

Baca juga: Kemenkes: Alokasi vaksin di posko jalur mudik capai 1.000 dosis

Baca juga: Demi mudik yang aman, kejar vaksin "booster"

 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022