Cirebon (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Kementerian BUMN, untuk mendirikan stasiun pengisian bahan bakar nelayan (SPBN) di Desa Bandengan, Kabupaten Cirebon, setelah nelayan mengeluh kelangkaan solar.

"Presiden mengarahkan Kementerian BUMN untuk mendirikan SPBN (untuk memberikan solusi kelangkaan solar kepada nelayan Desa Bandengan, Kabupaten Cirebon)," kata Ridwan Kamil di Cirebon, Rabu, setelah mendampingi kunjungan Presiden Joko Widodo.

Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan para nelayan yang berada di Desa Bandengan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, mengeluhkan kelangkaan solar kepada Presiden Jokowi. Dan mereka meminta ada solusi dari pemerintah.

Baca juga: Presiden Jokowi kunjungan kerja ke Cirebon dan Brebes

Kemudian lanjut Kang Emil, Presiden mengarahkan Kementerian BUMN untuk mendirikan SPBN di wilayah tersebut, agar permasalahan yang dialami bisa teratasi.

Selain itu, dengan adanya SPBN diharapkan nelayan tidak lagi membeli solar di SPBU yang harus bersaing dengan pengendara mobil. "Dengan adanya SPBN nelayan tidak usah mengantre bersaing di SPBU," tuturnya.

Emil melanjutkan selain masalah kelangkaan solar, nelayan juga mengeluhkan sedimentasi sungai yang sangat tinggi, sehingga membuat aktivitas mereka terganggu.

Atas keluhan itu, Presiden memerintahkan langsung Menteri PUPR untuk mengeruk sedimentasi sungai sesegera mungkin, karena itu merupakan hal yang mendesak. "Untuk pendangkalan sungai, akan dilakukan pembersihan oleh PUPR," katanya.***1***

Baca juga: Presiden tinjau pelaksanaan program padat karya di Cirebon

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022