Bukit Cinangkiak sudah memiliki potensi alam yang indah. Meski demikian, masih harus dikembangkan menjadi pariwisata yang berkelanjutan, berkualitas, dan go digital
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong destinasi wisata Bukit Cinangkiak, Solok, Sumatra Barat (Sumbar), meningkatkan kedatangan wisatawan hingga di atas satu juta di tahun ini.

“Tahun lalu ada 820 ribu,” ujarnya saat meninjau destinasi Bukit Cinangkiak, Solok, Sumbar, dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Untuk mendorong kunjungan wisatawan ke destinasi wisata Bukit Cinangkiak, Sandiaga mengharapkan adanya pengembangan konsep wisata berkelanjutan.

Pengembangan konsep berwisata berkelanjutan dinilai dapat memberikan dampak jangka panjang terhadap lingkungan, sosial, budaya, serta ekonomi.

“Bukit Cinangkiak sudah memiliki potensi alam yang indah. Meski demikian, masih harus dikembangkan menjadi pariwisata yang berkelanjutan, berkualitas, dan go digital,” ucap dia.

Selain itu, ia menghimbau para pemangku kepentingan di Bukit Cinangkiak untuk membangun homestay dan villa di sekitar kawasan destinasi wisata dengan konsep ramah lingkungan.

“Kalau hotel yang besar itu, apalagi di dataran seperti ini menurut saya sayang, karena merusak pemandangan. Tapi, kalau misalnya menyatu dengan alam (seperti homestay dan villa) lebih diminati dan ini sudah punya 82 homestay,” kata Sandiaga.

Selanjutnya, Menparekraf mendorong kepala daerah di Solok menghadirkan berbagai event yang unggul dan berkualitas guna meningkatkan daya tarik wisata di daerah setempat.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kabupaten Solok Epyardi Asda menyampaikan terima kasih kepada Menparekraf yang telah memberikan optimisme untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Solok.

“Di Cinangkiak ini rata-rata merugi terus, karena begitu launching langsung pandemi (COVID-19). Mudah-mudahan pascapandemi ini bisa berkembang dengan baik, setelah lebaran ini lebih banyak pengunjung,” ungkap Epyardi.

Baca juga: Wapres RI: Tidak ada makan enak di Sumbar, yang ada enak sekali
Baca juga: Kemenparekraf luncurkan ICEFF 2022 untuk akselerasi industri halal RI
Baca juga: Sandiaga: Turis Australia puncaki jumlah kunjungan wisman ke RI

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022