Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (13/4), mulai dari Baleg DPR RI dan pemerintah setuju membawa RUU Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (PPP) ke sidang paripurna pembicaraan mengenai anggaran Pemilu 2024.

Berikut lima berita politik menarik pilihan ANTARA:

1. Baleg dan Pemerintah setujui RUU PPP dibawa ke Rapat Paripurna DPR
Rapat Kerja Badan Legislasi (Baleg) DPR RI bersama Pemerintah dan DPD RI menyetujui RUU tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (PPP) berlanjut ke tahap pengambilan keputusan Tingkat II dalam rapat paripurna.

"Apakah RUU tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan dapat disetujui untuk dilanjutkan ke tahapan selanjutnya dalam pengambilan keputusan Tingkat II dalam Rapat Paripurna," kata Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas dalam Raker Baleg di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (13/4) malam.

Selengkapnya baca di sini.

2. Komisi II dorong KPU-Bawaslu efisienkan anggaran Pemilu 2024
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang mendorong Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengefisienkan anggaran penyelenggaraan Pemilu 2024 tanpa mengurangi profesionalisme kerja.

“Kami mendorong penyelenggara pemilu dapat mengefisienkan anggaran Pemilu 2024 seefisien mungkin tanpa mengurangi nilai kerja yang profesional,” kata Junimart kepada Antara di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

3. Pengamat: Golkar tak mungkin beda sikap dengan Jokowi
Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno menilai bahwa sikap partai Golkar terkait dengan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tidak mungkin berbeda dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Golkar tak mungkin beda dengan sikap Jokowi. Wajar kalau kemudian Golkar tegaskan dukung pemilu tepat waktu," kata Adi Prayitno dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

4. Mendagri: Presiden siap buat Perpres untuk logistik Pemilu
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan Presiden Joko Widodo siap membuat peraturan presiden (Perpres) mengenai logistik Pemilu 2024.

"Bapak Presiden siap untuk peraturan presiden (Perpres) yang spesifik mengenai pengadaan logistik Pemilu," ungkap Mendagri dalam rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

5. Survei SPIN: Elektabilitas Prabowo tembus 50 persen
Tingkat keterpilihan (elektabilitas) Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto mencapai lebih dari 50 persen jika dihadapkan pada (head to head) sejumlah tokoh politik dalam simulasi pemilihan presiden (pilpres) yang digelar Survei dan Polling Indonesia (SPIN).

Direktur SPIN Igor Dirgantara, Rabu, mengatakan hasil itu menunjukkan tokoh-tokoh politik yang mencalonkan diri saat pilpres akan kesulitan menghadapi Prabowo.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022