Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyerahkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang membutuhkan secara simbolis di Loka Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (LRSAMPK) Darussa'adah, di Kabupaten Aceh Besar, Kamis.

Wapres menyampaikan pemberian bantuan merupakan bagian dari upaya meringankan beban masyarakat yang terdampak fluktuasi harga, akibat situasi perekonomian global dan perubahan iklim.

Baca juga: Dinas di Aceh sebut tak ada lagi bansos dampak COVID-19 pada 2022

"Semua terdampak di seluruh dunia, termasuk kita, Indonesia. Karena itu, pemerintah memiliki peran, untuk memperbesar upaya yang kita sebut sebagai perlindungan sosial kepada masyarakat bawah," kata Wapres dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Wapres mengatakan menjelang Idul Fitri harga barang, khususnya kebutuhan pokok biasanya juga mengalami kenaikan. Bantuan yang diberikan juga sebagai upaya antisipasi pemerintah dalam mengendalikan harga di masyarakat terutama menjelang Lebaran.

"Itu yang dilakukan oleh pemerintah sambil mengendalikan situasi supaya dampak itu tidak terlalu besar," ucapnya.

Baca juga: BSI dan Kemensos percepat penyaluran bansos Aceh

Baca juga: Risma apresiasi Pemda Aceh coret penerima bansos yang tidak layak


Berdasarkan informasi yang diterima, bantuan yang diberikan Wapres, antara lain berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng, Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), serta Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) yang seluruhnya merupakan program Kementerian Sosial.

Wapres juga menyerahkan bansos untuk Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022