Minsk (ANTARA News) - AC Milan dapat mengamankan posisinya dalam babak kualifikasi Liga Champions dan lolos ke fase knock-out apabila mampu pulang membawa tiga poin dari Belarus, Selasa.

Milan dan Barcelona sejauh ini masih mendominasi di babak penyisihan grup dan jika keduanya menang maka akan lolos bersama 16 tim lainnya. Apabila hal tersebut terwujud maka bentrok antar keduanya tiga minggu lagi di San Siro akan menentukan juara grup.

Jika tim asal Italia itu berhasil mengalahkan BATE Borisov maka mereka akan memiliki sisa pertandingan yang tidak menentukan, dengan catatan Viktoria Plzen mampu menumbangkan pemegang gelar Liga Spanyol Barcelona dan menang di Republik Ceko.

Milan menumbangkan tim asal Rusia tersebut 2-0 di San Siro dua minggu yang lalu dan menang dengan skor yang sama pada kunjungan sebelumnya pada September 2001.

Pertandingan tersebut digelar di Stadion Dinamo Minsk, dan pada pertandingan besok juga akan digelar di tempat yang sama karena Stadion Haradzki di Borisov belum memenuhi standar stadion Eropa.

Milan datang dalam bentuk permainan terbaiknya setelah memenangkan empat laga terakhirnya berturut-turut dan lima kemenangan di semua kompetisi. Tetapi mereka memiliki kekhawatiran sebelum melawat ke Minsk.

Penyerang Antonio Cassano jatuh sakit pada Sabtu malam usai menang 3-2 di Roma dan harus dirawat di rumah sakit.

Ia diduga sulit berbicara dan bergerak sehingga harus menghabiskan malam kedua di rumah sakit setelah dipindahkan ke bagian neurologi.

Dokter klub Milan Rodolfo Tavana memutuskan Cassano tidak ikut dalam lawatan ke Belarus karena pemain itu harus menjalani tes pada hati dan otaknya.

"Ia sedang tidak dalam kondisi baik dan kami akan cek organ dalam tubuhnya," kata Tavana. "Ia tidak akan pergi ke Minsk dan akan absen selama beberapa hari".

Milan akan berlaga tanpa penyerang asal Brasil Pato dan bek Italia Luca Antonini. Sementara itu pemain tengah asal Ghana Kevin-Prince Boateng diragukan tampil karena cidera usai melawan Roma dan akan dicek kembali pada Senin pagi.

Namun setidaknya gelandang veteran asal Belanda Clarence Seedorf diperkirakan akan kembali bermain setelah mengalami masalah pada lututnya.

Seandainya Borisov dapat menang atau menahan imbang, maka Milan akan menjauh dari posisi aman musim ini.

Milan telah kemasukan 14 gol, menjadikan mereka tim dengan pertahanan terburuk kelima di Serie A.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011