Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono menyatakan Indonesia optimistis dapat meraih juara umum pada SEA Games ke-26 di Jakarta.

"Saya sangat yakin dengan persiapan yang baik yang saya ikuti selama ini, para atlet kita akan mencapai yang terbaik kali ini, saya kira sebagi tuan rumah, kita harus tunjukan, insyaallah kita akan menjadi juara umum," kata Wakil Presiden dihadapan para atlet di Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Senin.

Wapres mengatakan hal itu setelah melakukan mengecek kesiapan para atlet dan juga venue yang akan digunakan pesta olahraga negara-negara ASEAN ke-26 di Jakarta, Senin.

Wapres meminta kepada semua atlet untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya sehingga tampil prima saat kompetisi dan bisa mempersembahkan prestasi terbaik. Selain itu, juga mempersiapkan mentalnya.

Wapres mengatakan, perhelatan Sea games merupakan kompetisi bergengsi antar negara-negara ASEAN. Para atlet akan mewakili negara masing-masing.

Sementara itu, dalam peninjauan kesiapan venue dan atlet bela diri, Wapres disuguhi dengan atraksi dari beberapa karate, taekwondo, wu shu dan Povinam. beberapa atlet cabang olahraga selain bela diri juga tampak di Tenis Indoor tersebut seperti atletik dan juga angkat besi.

Sebelumnya, Wapres, juga mengecek kesiapan venue dan atlet panahan di Gelora Bung Karno. Saat meninjau venue panahan, Wapres juga mencoba olah raga panahan. Wapres mencoba dua tembakan, namun masih meleset.

Selain itu, Wapres juga meninjau kesiapan venue dan atlet bola basket di Sport Mall Kelapa Gading, dan juga kesiapan venue dan atlet balap sepeda di Vellodrom Rawamangun.

Sementara itu, Sea Games kali ini dijadwalkan akan dibuka pada 11 November dan berakhir pada 22 November mendatang akan diselenggarakan di dua tempat yaitu Palembang, Sumatera Selatan sebagai tempat pembukaan dan Jakarta.

Sea Games kali ini akan mempertandingkan 44 cabang olahraga dan memperebutkan 542 medali emas. Tahun ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah yang keempat kalinya dalam ajang dua tahunan pertandingan olah raga antar negara-negara ASEAN tersebut.

Sebelumnya Indonesia pernah menjadi tuan rumah pada SEA Games ke 10 pada 1979, SEA Games ke 15 pada 1987 dan SEA Games ke 19 pada 1997. Dan dalam tiga kali menjadi tuan rumah, Indonesia selalu menjadi juara umum.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011