Jakarta (ANTARA News) - Setelah sukses mendaki puncak gunung tertinggi di Eropa, Elbrus Rusia dan mengibarkan bendera Merah Putih, Tim Ekspedisi Rakyat Merdeka bersama pendaki tunadaksa Sabar Gorky akan mendaki gunung tertinggi di Afrika, Kilimanjaro, Tanzania.

Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, Tim Ekspedisi Rakyat Merdeka menggandeng perusahaan swasta, Mahkota Promotion sebagai sponsor tunggal.

Kepada pers di Jakarta, Senin, CEO Mahkota Promotion, Rajasapta Oktohari, menyatakan kesiapannya untuk membantu mensukseskan kegiatan tersebut bukan tanpa alasan.

"Saya salut atas perjuangan dan kegigihan Sabar. Meskipun memiliki kekurangan fisik, dia mampu mencapai puncak gunung Elbrus dan mengibarkan bendera merah putih saat peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia," kata Rajasapta Oktohari

Rajasapta juga telah menyerahkan bendera merah putih kepada Sabar untuk dikibarkan di puncak gunung Kilimanjaro.

Apa yang dilakukan Sabar, menurut Rajasapta Oktohari yang kini Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu, telah mengharumkan nama Indonesia.

Semangat pantang menyerah yang dimiliki Sabar, ujarnya, perlu ditiru oleh seluruh elemen bangsa dalam berjuang, terutama dalam memperbaiki kondisi bangsa ini.

Menurut Ketua Panitia Ekspedisi Rakyat Merdeka-Kilimanjaro, Dar Edy Yoga, kegiatan pendakian gunung Kilimanjaro dilaksanakan berkaitan dengan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober dan Hari Pahlawan 10 November 2011. Oleh karena itu, Sabar akan didampingi pendaki pelajar dan mahasiswa.

Rombongan Tim Ekspedisi Mahkota Promotion-Rakyat Merdeka-Kilimanjaro itu terdiri dari Sabar Gorky, pendaki tuna daksa asal Solo, Agung Rahardjo Dukut Hadyono, dokter pendaki asal kota Surabaya, yang pada pendakian ke puncak Gunung Elbrus lalu turut mendampi Sabar. Dari unsur pemuda turut serta Faisal Fahim dan Asep Sumantri Tarwan, pendaki dari organisasi pemuda pecinta alam Top Ranger And Mountain Pathfinder (TRAMP) Jakarta.

Sedangkan untuk unsur pelajar yakni Kevin Adam Hermadi (kelas 2) dan Ganther Rizki Ariotejo (kelas 3) dari tim pecinta alam ELPALA SMA 68 Jakarta. Sejumlah wartawan yang turut serta ekspedisi yakni Hendry Ginting, Redaktur Pelaksana Rakyat Merdeka Online (RMOL), Dar Edi Yoga, Ketua Panitia (RMOL) dan Popo Nurakhman Fajar Sidik, Kameraman Metro TV.

Menurut Dar Edy, kalau tidak ada halangan, tim ekspedisi akan berangkat ke Afrika pada 2 November mendatang.
(ANT)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011