Bengkulu (ANTARA News) - Bupati Bengkulu Selatan Reskan Effendi Awaludin mengatakan, Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam waktu dekat akan berkunjung ke daerah itu dalam rangka memantau perkembangan pembangunan jaringan interkoneksi.

"Mantan Direktur Utama PLN Dahlan Iskan menyampaikan janjinya melalui pesan singkat (SMS) ke saya sekitar tiga hari usai dilantik Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono," kata Bupati Bengkulu Selatan Reskan Effendi, Selasa.

Sebelumnya Dahlan Iskan pernah berkunjung ke Bengkulu Selatan dalam rangka meninjau pembangunan jaringan inter koneksi Bengkulu-Sumsel dan pembangunan gardu induk di wilayah itu.

Ia bejanji akhir tahun 2011 listrik di Bengkulu Selatan mulai normal karena daya listrik ke daerah itu akan dipasok dari jalur Tanjung Enim, Lahat jumlahnya mencapai 100 Mega.

Sedangkan kebutuhan daya di Bengkulu Selatan hanya 50 Mega, hal itu menunjukkan ke depan listrik tidak akan macet lagi, sehingga keluhan masyarakat selama ini akan teratasi.

Ia juga menceritakan, sejarah kehidupan masyarakat Pino Raya 23 tahun lalu, akses jalan terbatas, potensi penghasilan sektor pertanian dan perkebunan rendah. Namun setelah masuknya perkebunan kelapa sawit tahun 1988 ekonomi masyarakat daerah itu menjadi berubah, meskipun awalnya banyak warga tidak mau menanam kelapa sawit karena faktor harga rendah.

"Sekarang dari 11 kecamatan di Bengkulu Selatan, kehidupan masyarakatnya cukup makmur, terutama di Kecamatan Pino Raya," ujarnya.

Bupati optimis dua pabrik CPO tengah dibangun diwilayah itu akan beroperasi tahun 2012 karena akan didukung daya listrik cukup, sehingga pendapatan masyarakat daerah itu makin meningkat.

Manager PLN Cabang Bengkulu Kadarisman mengatakan, informasinya manatan Dirut PLN itu akan ke Bengkulu, namun tetap melihat kesiapan beliau karena kesibukan di Jakarta juga cukup padat.

PLN Provinsi Bengkulu sekarang tengah membangun empat unit travo dari pusat untuk mengatasi krisis listrik di daerah ini, keempat travo bantuan pusat itu mengambil dari gardu induk di Semarang (Jawa Tengah).

Rencananya akan menghubungkan jaringan interkoneksi Pagar Alam-Manna, Bengkulu Selatan hingga ke Kabupaten Kaur dan Seluma.

Travo tersebut, katanya, diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi warga di Kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan, Kaur dan Mukomuko.

Bantuan travo tersebut dalam rangka menunggu selesainya pembangunan gardu induk interkoneksi rencananya akan rampung akhir 2011. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011