Menjelang musim mudik seperti sekarang ini, kami masih terus melakukan perbaikan lampu PJU (Penerangan Jalan Umum),
Karawang (ANTARA) - Lampu penerangan jalan umum di sepanjang jalur alternatif atau jalur khusus pemudik bersepeda motor di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, kondisinya banyak yang padam karena mengalami kerusakan.

“Menjelang musim mudik seperti sekarang ini, kami masih terus melakukan perbaikan lampu PJU (Penerangan Jalan Umum),“ kata Kabid Prasarana Dinas Perhubungan setempat Dikhy Prayoga, saat dihubungi di Karawang, Jumat.

Ia mengatakan program pemasangan dan perbaikan lampu PJU sebenarnya sudah digulirkan sejak awal tahun lalu. Namun pada Ramadhan ini digencarkan lagi, khususnya di jalur mudik.

Saat ini pihaknya memprioritaskan untuk melakukan perbaikan lampu PJU di sepanjang jalur mudik, yakni di sepanjang jalan Lamaran-Telagasari-Krasak-Cikalong.

Baca juga: Kemenhub siapkan 3 skema rekayasa lalu lintas masa mudik Lebaran 2022

Diakuinya, di jalur itu cukup banyak lampu PJU yang padam dan diperkirakan ada lebih dari 100 lampu PJU yang perlu diperbaiki.

Jalur mudik di sepanjang jalan Lamaran-Telagasari-Krasak-Cikalong biasanya digunakan sebagai jalur mudik khusus pemudik sepeda motor.

Jalur tersebut dikhususkan untuk dilintasi pemudik bersepeda motor, untuk menghindari kemacetan di jalan arteri Karawang dan simpang Jomin yang dulu dikenal sebagai titik kemacetan parah.

Dikhy menyampaikan dilihat dari banyaknya lampu PJU yang perlu diperbaiki, maka pihaknya akan fokus melakukan perbaikan di titik-titik rawan kecelakaan dan rawan kejahatan. 

Baca juga: Kemenhub imbau masyarakat jeli memilih angkutan mudik
Baca juga: Menhub sarankan masyarakat mudik lebih awal untuk hindari kemacetan

 
 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022