Palembang (ANTARA News) - Panitia pelaksana SEA Games XXVI Indonesia (InaSOC) Sumatera Selatan mengasuransikan para pemandu jalan, relawan, pemandu sorak, dan petugas kebersihan yang akan berkerja selama perhelatan itu digelar di Palembang, 11-22 November mendatang.

Ketua SDM InaSOC Sumsel, Rozalie Djailani mengatakan, di Palembang, Rabu (2/11), InaSOC mengeluarkan dana Rp700 juta untuk mengasuransikan para petugas SEA Games itu.

"Untuk bidang SDM SEA Games, memang masalah asuransi ini yang paling kami utamakan harus ada, karena menyangkut keselamatan kerja seseorang. Para petugas telah dilindungi pihak asuransi sejak sepekan sebelum SEA Games hingga sepekan setelahnya," kata dia.

Menurut dia, di antara petugas diasuransikan itu antara lain pemandu jalan 3.100 orang, pemandu sorak 416 orang, petugas kebersihan 500 orang, LO 487 orang, tukang becak 325 orang, dan satgas jakabaring 480 orang.

"Para relawan dan petugas lainnya telah mengikuti pembekalan SEA Games sejak Selasa (1/11) hingga hari ini di Palembang Sport Convention Center," ujar dia.

Dia melanjutkan, para petugas itu diberikan pengarahan mengenai tugas masing-masing dan etika selama bekerja, dan melayani tamu-tamu negara.

"Masalah SDM ini terlihat sepele, tapi sebenarnya hal yang sangat vital. Para petugas ini merupakan garda terdepan dari SEA Games. Mereka-mereka inilah yang membentuk citra mengenai masyarakat Kota Palembang," ujar dia.

Oleh karena itu, Rozalie mengaku kecewa karena kebutuhan bidang SDM SEA Games ini terbilang diabaikan dibandingkan kepentingan lain.

"Seperti pembekalan saja baru digelar menjelang dua pekan sebelum SEA Games dengan alasan keterbatasan dana. Keadaan itu sebenarnya dapat dimaklumi karena menjelang SEA Games masih fokus pada penyelesaian venue," kata dia.

Dia pun berharap, kebutuhan para petugas ini tidak dikesampingkan lagi agar kinerja tetap terjaga.

"Saya mengharapkan, pihak berwenang dalam mengelola dana SEA Games dapat mengutamakan kebutuhan para relawan ini, seperti uang sakunya. Setidaknya, mereka telah terima uang saku sebagai pegangan," kata dia.

Dia mengungkapkan, untuk para petugas SEA Games itu mendapat honor kisaran Rp150 ribu per hari yang sudah termasuk biaya makan dan transpor.

"Selain mendapatkan uang saku, para petugas lapangan SEA Games memperoleh dua lembar baju kaos, celana cargo, topi, tas sandang, dan sepatu," kata dia.

Wakil SDM SEA Games InaSOC Sumsel Letkol TNI Edmon menambahkan, para relawan yang direkrut Kodam II/ Sriwijaya akan ditugaskan di berbagai venues dan tempat-tempat umum lainnya selama SEA Games berlangsung.

Relawan yang khusus direkrut KONI Sumsel akan ditempatkan di kawasan wisata, pasar, mal, bank, media informasi, dan pusat kerajinan.

Sedangkan para pemandu sorak akan disebar ke lokasi peserta SEA Games, dengan masing-masing sebanyak 300 orang.

"Jumlah relawan pada masing-masing venue tidak sama, karena disesuaikan dengan kebutuhan. Pada prinsipnya mereka bertugas untuk membantu kelancaran kegiatan, sementara pemandu sorak meramaikan pertandingan dan membuat lebih semarak," kata dia. (ANT-037/M033)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011