Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima kunjungan Duta Besar Kerajaan Spanyol untuk Indonesia Francisco de Asis Aguilera Aranda di Kantor Wapres Jakarta, Senin, guna membahas peluang peningkatan kerja sama bilateral.

"Dalam bidang investasi, masih banyak yang dapat dilakukan investor Spanyol di Indonesia," kata Wapres di Jakarta, Senin.

Wapres mengatakan investasi di Indonesia, selain memperoleh pasar domestik dan regional cukup besar, juga memiliki potensi ekonomi yang terus berkembang.

"Saya senang Yang Mulia Duta Besar menjelaskan bahwa banyak investor Spanyol kini mulai menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk mengembangkan rantai pasok global," katanya.

Ma'ruf juga meminta ada peningkatan kerja sama Indonesia dalam Spanyol di bidang dirgantara dan maritim.

"Saya juga mengusulkan untuk membangun kembali kerja sama kedua negara di bidang teknologi kedirgantaraan dan pengembangan kapal laut," tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut, Wapres juga menyampaikan harapannya agar jalinan persaudaraan antara masyarakat Indonesia dan Spanyol dapat terus ditingkatkan, misalnya melalui penguatan dialog keagamaan dan budaya serta kerja sama pendidikan.

"Kita juga perlu bekerja sama untuk memperkuat saling pengertian antarnegara dan masyarakat, termasuk memperkuat dialog antaragama, antarbudaya, dan kerja sama pendidikan," jelasnya.

Baca juga: Produk mamin RI catat potensi transaksi sembilan juta dolar di Spanyol

Pada kesempatan tersebut, Aguilera menyebutkan salah satu aspek penting dalam hubungan bilateral antara Indonesia dan Spanyol adalah peningkatan kerja sama di bidang ekonomi.

"Salah satu peran penting Spanyol adalah melalui perusahaan-perusahaan besarnya, yang telah beroperasi di Indonesia sejak lama, dan juga melalui hubungan dagang," katanya.

Ke depan, dia mengatakan Spanyol akan lebih banyak lagi mengimpor produk-produk Indonesia ke negaranya.

Aguilera juga mengundang para pengusaha Indonesia untuk mengeksplorasi produk Spanyol yang dapat diekspor ke Indonesia, serta memanfaatkan perjanjian perdagangan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) antara Uni Eropa dan Indonesia.

Di tahun 2022, dia mengatakan banyak perusahaan Spanyol tertarik berinvestasi pada berbagai proyek yang ditawarkan Pemerintah Indonesia, antara lain di sektor keamanan siber dan patroli keamanan maritim.

Oleh karena itu, dia meminta Pemerintah Indonesia terus memberikan dukungan dan atensi agar kerja sama tersebut berjalan baik.

"Kami mengharapkan dukungan Pemerintah Indonesia untuk bisa mendukung partisipasi perusahaan-perusahaan asal Spanyol tersebut," ujarnya.

Baca juga: Menkominfo dan Dubes Spanyol bahas dukungan infrastruktur TIK
Baca juga: Dubes enam negara sahabat untuk RI bawa misi majukan kerja sama

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022