Pekanbaru (ANTARA News) - Kawanan pencuri yang beraksi di sebuah minimarket dan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik Bank Mandiri di Jalan Paus, Pekanbaru Kamis (3/11) dini hari sempat terekam kamera pengintai Closed Circuit Television (CCTV).

"Pelaku berhasil masuk dan terekam kamera CCTV pada pukul 03.08 pagi," kata Kapolsek Bukit Raya Kompol Wawan S.H. kepada ANTARA di Pekanbaru.

Dalam rekaman, menurut Wawan, salah seorang pelaku terlihat sempat mematikan air yang timbul karena dilas ketika pelaku sedang menjebol pintu belakang toko.

"Dia ambil air dari toilet buat menyiram api las itu," kata Wawan.

Setelah itu, pelaku yang ciri-cirinya sudah diketahui polisi melepaskan kabel di sistem CCTV. Rekaman diakui Wawan hanya berdurasi tak lebih dari 12 menit, karena salah seorang pelaku pada pukul 03.19 pelaku mematikan sambungan kamera CCTV dengan cara melepas kabelnya.

Meskipun sedikit, rekaman itu sangat berguna bagi polisi karena tidak adanya saksi mata yang melihat langsung kejadian.

Seorang karyawan minimarket, Juli (40) mengaku tidak ada saksi mata kejadian ini karena minimarket memang tidak di jaga pada malam hari. Kejadian baru diketahui pagi pukul 08.00 oleh salah seorang karyawan minimarket yang langsung melaporkan kepada pemilik minimarket.

"Baru sadar jam delapan tadi, pas mau buka toko," kata Juli

Seperti diberitakan sebelumnya, pelaku berhasil membawa kabur uang tunai sejumlah Rp40 juta dari brankas milik minimarket. Menurut Juli, pencuri juga mengambil sejumlah rokok, es krim, dan makanan dari rak pajang minimarket itu. Sementara menurut Wawan mesin ATM belum berhasil dijebol oleh pelaku.

"Dapat dipastikan, mesin ATM belum terbongkar, menurut petugas Bank, jadi uang didalam tidak ada yang hilang" kata Wawan.

Saat ini petugas masih terus mengidentifikasi barang bukti yang ditinggalkan pelaku dilokasi kejadian. Untuk kepentingan penyelidikan, petugas mimasang garis batas polisi.
(ANT/027)



Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011