Kalau rencana pengiriman itu terealisasi 2012, maka Aceh telah memiliki tim tangguh sepak bola yang diharapkan mampu mengukir prestasi tidak hanya di tingkat nasional tapi juga internasional,"
Banda Aceh (ANTARA News) - Pemerintah Aceh berencana mengirimkan remaja atlet sepak bola untuk disekolahkan di Paraguay pada 2012.

"Rencana merekrut lagi remaja untuk di sekolahkan dan dilatih sepak bola ke Paraguay itu sudah ada, namun semuanya tergantung pada situasi dan kondisinya ke depan," kata Gubernur Aceh Irwandi Yusuf di Banda Aceh, Jumat.

Hal itu disampaikan seusai kegiatan penyambutan dan peusijuk (tepungtawari) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN) Azwar Abubakar.

Saat ini, kata dia, terdapat sebanyak 18 pemain sepak bola usia remaja asal Aceh yang mengecap pendidikan selama tiga tahun di Paraguay. Mereka dijadwalkan kembali ke tanah air Nopember 2011.

"Kalau rencana pengiriman itu terealisasi 2012, maka Aceh telah memiliki tim tangguh sepak bola yang diharapkan mampu mengukir prestasi tidak hanya di tingkat nasional tapi juga internasional," kata Irwandi Yusuf.

Ia menyebutkan, program rencana pengiriman kembali tim sepak bola remaja ke Paraguay nanti tentunya akan berbeda teknis rekrutmen dari sebelumnya.

"Artinya, ke depan kami akan menyeleksi di Aceh selama enam bulan sebelum diberangkatkan ke Paraguay. Hal itu bertujuan agar calon pemain yang akan dikirim benar-benar bibit berkualitas," kata dia menjelaskan.
(A042)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011