Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengungkapkan bahwa kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 rencananya akan dimulai pada 27 Juli mendatang.

Namun, sebelum itu akan terlebih dahulu digelar turnamen pramusim, yang pada musim sebelumnya dinamai Piala Menpora 2021. Sementara pada empat edisi lalu bernama Piala Presiden.

“Liga 1 mudah-mudahan (digelar) Juli pada tanggal 27. Sebelumnya ada pramusim. Apakah namanya Piala Presiden atau Piala Menpora atau yang lain kita lihat nanti,” kata Iriawan di sela-sela acara HUT ke-92 PSSI di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

Baca juga: HUT ke-92, PSSI berkomitmen fokus kompetisi kelompok umur

Namun pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menyatakan bahwa rencana penyelenggaraan turnamen pramusim itu belum final karena masih perlu ada pembicaraan lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait, salah satunya PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Liga 1 musim 2022/23 akan diikuti 18 tim peserta, termasuk tiga tim yang baru saja promosi, yakni RANS Cilegon FC, Persis Solo, dan Dewa United.

Sementara tiga klub lainnya harus terlempar dari persaingan kompetisi Liga 1 Indonesia dan turun kasta ke Liga 2, yakni Persipura Jayapura, Persiraja Banda Aceh, dan Persela Lamongan.

PSSI dan PT LIB membuka wacana untuk kembali menghadirkan penonton ke stadion pada Liga 1 musim depan setelah pada musim lalu kompetisi terpaksa digelar secara tertutup karena kondisi pandemi COVID-19.

Baca juga: PSSI siap hadapi gugatan hukum terkait Persipura
Baca juga: PSSI apresiasi dukungan penuh Menpora untuk sepak bola Indonesia

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022