Lagos (ANTARA News/AFP) - Seorang aktor komedi terkenal di Nigeria yang ditangkap karena "dicurigai menelan narkotik" untuk diselundupkan ke Eropa, pada Jumat (4/11) dibebaskan dengan jaminan, setelah 25 kali cuci perut, yang setelah diawasi secara seksama tak menghasilkan barang yang dicurigai.

Babatunde Omidina, yang dikenal dengan nama panggung Baba Suwe, ditangkap bulan Oktober di bandar udara internasional Lagos, tempat ia telah dijadwalkan naik pesawat ke Prancis.

Tapi, setelah 24 hari di dalam tahanan, dan selama itu setiap kali buang air, ia diawasi secara ketat oleh pihak berwenang dan media, seorang Hakim Pengadilan Tinggi di Lagos menyampaikan permohonan maaf dan memerintahkan agar aktor itu dibebaskan.

Hakim Yetunde Idowu mengatakan kepada aktor yang kelihatan kurus dan lemah tersebut, "Saya mendoakan anda baik-baik saja. Jaga diri anda. Anda bebas untuk pulang."

Omidina ditahan pada 12 Oktober, saat ia akan naik pesawat Air France ke Paris, demikian lapon AFP, Sabtu. Lembaga pelaksana hukum narkotika menyatakan ia telah "diduga diperiksa positif menelan obat-obat terlarang".

"Telah dilakukan beberapa pemeriksaan pada dia dan sejauh ini tak ada bahan terlarang telah ditemukan," kata pengacaranya Bamidele Aturu kepada pengadilan pada Jumat (4/11). "Ia telah lebih dari 25 kali buang air besar," kata pengacara tersebut kepada AFP.

Nigeria adalah pusat utama penyelundupan narkotika menuju Eropa dari Amerika Latin.
(Uu.C003/A016)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011