Painan, Sumbar (ANTARA News) - Masyarakat kembali menemukan satu orang dari enam korban hilang terseret air bah banjir bandang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Kamis (3/11).

Kidit (65), warga Rantau Simalenang, Kecamatan Linggo Sari Baganti ditemukan masyarakat sudah menjadi mayat sekitar satu kilometer dari lokasi awal terseret air bah di Bukik Kaciak Air Haji Linggo Sari Baganti pukul 15.00 WIB, Sabtu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD) Pesisir Selatan, Nasharyadi ketika dihubungi di Painan Sabtu mengatakan, warga menemukan jasat Kidit di pinggir-pinggir ladang masyarakat tidak jauh dari pemukiman warga.

Sebelumnya, Jumat (4/11), satu korban lainnya, Naisya (8) warga Pasir Putih Kambang Kecamatan Lengayang juga ditemukan masyarakat sekitar satu mil dari bibir pantai di Lautan Indonesia sekitar kabupaten itu.

Dengan ditemukan Kidit, maka korban hilang terseret air bah banjir bandang Pesisir Selatan Kamis lalu, sudah ditemukan dua korban meninggal dunia dan empat lainnya masih dalam pencarian oleh masyarakat dan tim SAR.

"Tim SAR bersama masyarakat tetap melakukan pencarian terhadap lima korban hilang lainnya akibat terseret air bah di tempat yang berbeda itu," katanya.

Dalam pencarian korban, pemerintah menurunkan sebanyak 14 orang tim SAR diantaranya, tujuh SAR kabupaten setempat dan tujuh orang SAR Nasional Sumbar serta TNI Angkatan Laut dari Kota Padang.

Tim SAR dibekali dengan dua perahu karet serta dua kapal. Selain tim SAR pencarian juga dibantu oleh masyarakat dan nelayan setempat.

Keluarga yang mengetahui korban ditemukan tewas langsung histeris saat mayat korban dievakuasi karena mereka tidak menyangka sebelumnya bencana banjir bandang akan menimpa daerah itu dan menghanyutkan Kidit.

Sementara, keluarga Rayos yang hilang terseret air bah pada bencana itu bersama anaknya, juga histeris. Mereka berharap, Rayos secepatnya ditemukan dengan selamat begitu juga dengan anaknya yang baru berumur sembilan bulan.

Enam korban hilang akibat bencana banjir bandang Kamis itu, tiga orang di Rantau Simalenang Kecamatan Linggo Sari Baganti yakni Kidit, Rayos dan anaknya umur sembilan bulan.

Sedangkan di Pasir Putih Kambang Kecamatan Lengayang diantaranya Naisya (8) sudah ditemukan warga Jumat telah meninggal dunia di lautan Indonesia. Dua lainnya, Ismaidarni (40) dan Sintia (22) hingga kini belum ditemukan.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011